Sukses

Parenting

8 Tips yang Bisa Dilakukan Saat Anak Sedang Tak Nafsu Makan

Fimela.com, Jakarta Seperti kebanyakan orangtua, ada kalanya masa anak tak cukup makan dan membuat kekhawatiran. Yang perlu diingat, anak sangat baik dalam menanggapi perasaan lapar dan kenyang. Penting untuk mempercayai nafsu makan anak. Nafsu makan anak yang berubah-ubah merupakan hal yang normal dalam prosesnya berkembang. 

Seberapa banyak anak ingin makan juga dapat bergantung pada seberapa aktif, bersemangat atau lelahnya mereka. Perhatikan pola makan anak selama seminggu daripada setiap hari untuk melihat seberapa baik anak makan. Selama anak tumbuh dan sehat, ia mendapatkan makanan yang cukup.

Terdapat beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan nafsu makan anak, berikut juga beberapa rekomendasi menu yang bisa diberikan kepada anak yang sedang kehilangan nafsu makan. Simak sebagai berikut;

Bagaimana menyikapi anak yang kehilangan nafsu makan?

Melansir dari unlockfood.ca, ikuti tips ini untuk membantu anak makan dengan baik:

  • Biarkan anak memutuskan berapa banyak yang harus dimakan dari makanan yang ditawarkan.  Jangan memaksanya untuk makan atau membatasi jumlah makanan yang diizinkan untuk dia makan.
  • Tetapkan waktu makan dan camilan yang teratur. Tawarkan 3 kali makan dan maksimal 3 kali camilan pada waktu reguler setiap hari. Hindari menawarkan makanan ringan terlalu dekat dengan waktu makan. Ini akan membantu anak datang ke meja dengan lapar.
  • Tawarkan air di antara waktu makan. Menyeruput susu atau jus di antara waktu makan menyisakan lebih sedikit ruang untuk makanan lain. Jika Memberi anak jus, tawarkan 100% jus buah dan batasi hingga 125-175 mL (4-6 oz) sehari.
  • Berikan contoh yang baik, anak mungkin lebih mungkin menerima makanan sehat jika dia melihat memakannya.
  • Pertahankan waktu makan yang menyenangkan dan santai. Matikan TV dan singkirkan mainan dan gangguan lainnya selama waktu makan dan camilan.
  • Dorong bermain setiap hari. Aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan nafsu makan.
  • Jika tiba-tiba ada penurunan nafsu makan anak atau jika Anda khawatir tentang pertumbuhannya, hubungi dokter.
  • Berikan makanan yang visualnya menarik perhatian mereka

Rekomendasi menu untuk anak yang tak nafsu makan

Jika anak tidak nafsu makan, kemungkinan ia bosan dengan makanan yang ia makan sehari-hari, cobalah memberikan menu makanan pengganti protein yang dibutuhkan oleh anak seperti beberapa rekomendasi menu dibawah

1. Pudding Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi karena memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan usus dan baik untuk pertumbuhan anak. 

Pisang juga termasuk buah yang memiliki gizi kompleks, karena mengandung karbohidrat, protein, gula dan serat. 

Ibu bisa mengolah pisang menjadi puding yang disukai anak-anak, dengan mencampur pisang, susu, agar-agar, gula pasir dan air. Semua bahannya diblender dan dimasak kemudian dibekukan.

2. Mini Mac and Cheese Bites

Jika anak malas makan, berilah variasi pada makanan mulai dari menu hingga visual, jika bosan dengan menu yang dimakan dengan piring dan sendok, berikan makanan dengan bentuk yang lain.

Mini mac and cheese bites disajikan dengan sekali suap. Buatlah mac and cheese seperti biasa, kemudian bentuk pada cetakan bulat dan panggang

3. Kaki Naga

Dengan bentuk yang unik menggunakan stick, mungkin anak akan tertarik mencobanya. Nugget dengan bentuk yang biasa mungkin membuatnya bosan, cobalah membuat menu ayam yang menampilkan visual unik, seperti kaki naga.

Karena ayam  mengandung berbagai vitamin dan mineral, maka manfaat ayam juga dapat menunjang metabolisme tubuh. Salah satu vitamin yang berperan penting adalah vitamin B6. Vitamin B6 berperan dalam menjaga kesehatan pembuluh darah, yang merupakan sumber energi, dan mempromosikan enzim dan proses metabolisme yang digunakan untuk membakar kalori. Selain itu, vitamin B6 meningkatkan fungsi dan perkembangan saraf kranial, menghasilkan berbagai macam hormon, dan membantu tubuh memproduksi antibodi untuk mencegah  infeksi  virus dan bakteri.

Kaki naga bisa dibuat sendiri di rumah, dengan mencampurkan ayam giling dengan bumbu yang ada di rumah seperti garam dan lada serta bawang, kemudian campur dengan tepung sagu, tancapkan pada sumpit kemudian balur dengan tepung roti. Bisa simpan di freezer atau langsung digoreng. 

*Reporter: Jeihan Lutfiah Zahrani Yusuf

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading