Sukses

Parenting

7 Penyebab Asi Tidak Beku di Freezer yang Perlu di Waspdai

Fimela.com, Jakarta Memiliki simpanan ASI di freezer yang merupakan salah satu cara yang bagus untuk memastikan bahwa kamu selalu memiliki susu untuk si kecil, tetapi beberapa orang masih asing dengan hal ini dan belum terbiasa. Ada beberapa kesalahan yang sering kita lakukan saat ingin membakukan ASI di freezer.

Ketika seorang ibu harus kembali bekerja dan masih menyusui tentu memiliki rencana untuk memastikan si kecil mendapatkan ASI yang cukup. ASI yang baru di perah ternyata memiliki lebih banyak vitamin, anti oksidan, dan sifat melawan bakteri daripada ASI yang diinginkan atau dibekukan. Keseimbangan nutrisi ASI segar juga tercermin dari kebutuhan kesehatan bayi.

Terkadang ASI yang di dinginkan atau dibukukan juga memiliki banyak nilai gizi untuk bayi, termasuk sifat melawan bakteri yang tidak dimiliki susu formula. Berikut beberapa kesalahan dan cara membekukan ASI di freezer yang tidak beku:

1. Tas Penyimpanan Bocor

Ternyata penyebab Asih tidak aku di freezer adalah tempat penyimpanan yang bocor jika kamu tidak menggunakan tas penyimpanan yang tepat dan memilih untuk menyimpan ASI di liner botol sekali pakai. Hal ini yang terkadang memungkinkan bahwa tempat tersebut kurang tahan lama atau tidak cocok, yang justru terkadang dapat bocor ke seluruh freezer.

2. Tas Penyimpanan Bust Open

ASI dapat mengembang saat dibekukan jadi jika kamu mengisi wadah terlalu penuh maka dapat membuat wadah tersebut bisa pecah, dan dapat mengubah ASI Beku menjadi es susu yang terkontaminasi.

3. Mengembang Bau Tidak Sedap

Mungkin kita akan sering bertanya apakah ASI akan bertahan cukup lama kita dibekukan atau tidak, atau mungkin kamu pernah mengalami ada as yang dibukukan sehingga membuat bau yang tidak sedap. Hal ini dikarenakan adanya enzim ASI yang disebut Lipase, meski tidak membuat ASI menjadi buruk tetapi beberapa bayi mungkin akan menolak karena rasa dan baunya.

4. Tidak di Simpan pada Bagian Dalam

Apakah kamu sering menyimpan ASI di bagian tepi rock atau pintu freezer? Ketika kamu ingin membekukan ASI ada baiknya untuk disimpan pada bagian belakang freezer sehingga memiliki suhu yang konsisten dan tidak mencair sebagian saat kamu membuka pintu freezer.

5. Listrik Padam

Listrik yang padam atau mati lampu tentu membuat kita khawatir saat membekukan ASI, ternyata listrik yang padam tentu dapat membuat ASI menjadi chair kembali saat ingin dibekukan.

6. Nutrisi dihancurkan dengan Plastik

Kamu perlu berhati hati dengan jenis penyimpanan yang kamu gunakan, plastik tertentu dapat menghancurkan nutrisi dalam ASI saat kamu ingin membekukan di dalam freezer. Jadi ketika kamu ingin membekukan ASI ada baiknya untuk memastikan dan menggunakan wadah yang tepat dan tidak mencemari ASI.

7. ASI dapat Kehilangan Vitamin C

Ada beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan susu yang paling lama untuk dimasukkan ke freezer terlebih dahulu saat ingin digunakan, semakin lama ASI yang disimpan maka akan semakin banyak vitamin C yang hilang jadi cobalah untuk tidak melewati cara cara menyimpan ASI di dalam freezer.

menyimpan ASI di dalam freezer tentu masih asing ditelinga beberapa orang tetapi ternyata hal ini juga dapat memudahkan kita ketika memiliki pekerjaan di luar rumah. Tidak semua nutrisi pada ASI akan hilang, tetapi kamu juga perlu berhati hati karena kemungkinan ASI dapat membuat bau yang tidak sedap.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading