Sukses

Parenting

Pada Usia Berapa Anak Bisa Diajak Berpuasa? Simak Penjelasannya

Fimela.com, Jakarta Anak-anak memang belum memiliki kewajiban untuk berpuasa. Meski begitu, penting bagi orangtua untuk memperkenalkan puasa ke anak-anak. Hal ini bermanfaat melatih anak kuat berpuasa saat ia bertambah usia apalagi sudah remaja dan dewasa. 

Lantas, pada usia berapa anak sudah bisa diajak atau dikenalkan dengan aktivitas puasa?

Usia Awal Anak Diperkenalkan Puasa

Melansir dari laman liputan6.com, pada usia 7 tahun anak sudah bisa diajak atau diperkenalkan dengan aktivitas puasa. Pada usia ini, anak sudah bisa memulai puasa mereka. Tidak ada efek buruk yang terjadi pada anak saat ia berpuasa di usia 7 tahun. 

Menurut para ahli, di usia 7 tahun tubuh anak sudah bisa bekerja dengan lebih baik dalam mencerna makanan dan cadangan energi dalam tubuh. Saat anak berpuasa selama 6 jam, tubuh akan memecah cadangan gula dalam tubuh sebagai sumber energi. Jika puasa dilanjutkan selama 16 jam, tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi. 

Di usia 7 tahun ini, anak sebaiknya tidak melakukan puasa penuh. Di perkenalan awal, anak bisa berpuasa selama 6 jam atau setengah hari. Di tahap belajar puasa, anak bisa diajarkan untuk berpuasa dari makanan padat. Dengan cara ini, seiring dengan bertambahnya usia anak dan tahap belajarnya yang semakin banyak, anak pun akan kuat menahan hauss serta lapar karena aktivitas puasa. 

Pastikan untuk Cukupi Nutrisi Anak Selama Berpuasa

Saat mengajarkan anak berpuasa, pastikan untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya dengan lebih baik. Usahakan agar ana juga tetap mimilik asupan cairan yang cukup. Minta anak untuk memiliki waktu istirahat cukup agar energinya tidak terkuras habis selama berpuasa. 

Berikan asupan nutrisi berupa sayuran, buah–buahan, ikan dan daging, sumber karbohidrat seperti nasi dan susu. Ketika anak berpuasa, jangan sampai nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya tidak sebaik saat ia tidak berpuasa demi menjaga tumbuh kembangnya yang tetap baik. 

Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading