Sukses

Parenting

Bukan Hanya dengan Bunda, Ayah Juga Bisa Membangun Bonding dengan Si Kecil Lho!

Fimela.com, Jakarta Di masa tumbuh kembangnya, anak cenderung lebih dekat dengan sang bunda karena ayah yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk bekerja. Tapi, kehadiran ayah tetap penting agar ia mendapatkan limpahan kasih sayang dalam proses mengenal dunia. Jadi, penting untuk meluangkan waktu lebih untuk si kecil demi mempererat hubungan ayah dan anak.

Bukan hanya dengan bunda, ayah juga bisa melakukan bonding dengan si kecil lewat beberapa hal sederhana ini. Jangan lupa praktikkan di rumah, ya!

Menggendong Anak Saat Menangis

Saat si kecil menangis, biasanya memang bunda yang paling sering dicari untuk menenangkan buah hati. Namun, sesekali ayah juga perlu terjun langsung untuk ikut menenangkan tangisannya. Momen ini adalah waktu yang tepat bagi ayah untuk lebih dekat dengan buah hati tercinta.

Saat si kecil menangis, gendonglah ia dengan erat dan hibur dengan berbagai cara. Misalnya saja dengan mengayunkan si kecil, bernyanyi, atau mengajaknya bercanda. Meskipun sederhana, tapi kegiatan ini bisa membangun kedekatan emosional antara ayah dan anak.

Ikut Bangun di Malam Hari

Ketika si kecil bangun di tengah malam karena haus atau popoknya sudah tidak nyaman lagi, ayah bisa bergantian dengan bunda untuk memberi susu atau menggantikan popoknya. Jika si kecil masih minum ASI, pastikan sudah memiliki stok ASIP di freezer sehingga ayah hanya tinggal menghangatkan saja. Begitu pun saat si kecil sudah meminum susu formula, pastikan ayah sudah mempelajari takaran dan cara membuatnya.

Dengan ikut terlibat di kegiatan malam hari si kecil, ayah bisa menumbuhkan bonding yang lebih dalam bersama si kecil. Ia pun bisa mendapatkan kasih sayang yang maksimal dari kedua orang tuanya.

Luangkan Waktu untuk Bermain Berdua

Hal lain yang bisa dilakukan untuk membangun ikatan dengan buah hati tercinta adalah sempatkan waktu untuk bermain berdua. Misalnya saat hari libur, ayah bisa membantu mengasuh si kecil dengan mengajaknya bermain berdua selagi bunda melakukan pekerjaan rumah lainnya.

Ajak permainan edukatif yang bisa melatih kemampuan motoriknya, misalnya membuat obyek tertentu dengan playdough atau lego. Jika si kecil sudah cukup besar, bermain di teras atau halaman rumah bisa jadi pengalaman yang menarik buatnya.

Lakukan Rutinitas Sebelum Tidur Bersama

Jika biasanya bunda yang menemani si kecil tidur, nggak ada salahnya sesekali ayah yang mengantarkan si kecil ke dunia mimpi. Menjadi bagian dari rutinitas sebelum tidur juga menjadi salah satu cara untuk memperkuat bonding antara ayah dan anak.

Kegiatan apa saja yang bisa dilakukan? Ayah bisa memulainya dengan kegiatan sikat gigi bersama. Setelah itu, lanjutkan dengan membacakan dongeng sebelum tidur. Bisa juga dengan memanfaatkan video dongeng interaktif yang bisa diakses secara online agar kegiatan tersebut makin menyenangkan. Biar makin maksimal, bekali diri dengan smartphone yang memiliki layar besar agar ritual dongeng digital tersebut bisa dinikmati sepenuhnya oleh buah hati.

Itu tadi beberapa aktivitas sederhana yang bisa dilakukan untuk membangun bonding dengan buah hati tercinta. Yuk, coba terapkan untuk menumbuhkan hubungan yang lebih dekat antara ayah dan anak!

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading