Sukses

Parenting

Usia Berapa Bayi Bicara untuk Pertama Kalinya? Ini Jawabannya

Fimela.com, Jakarta Pada dasarnya pertumbuhan dan perkembangan anak satu dengan lainnya berbeda-beda. Ada anak yang begitu cepat pertumbuhan dan perkembangannya, ada pula anak-anak yang dinilai cukup lambat. Setiap anak memiliki tahapan-tahapan tersendiri dalam dirinya. Termasuk tahapan berbicara untuk pertama kalinya. 

Melansir dari laman parents.com, umumnya anak akan mulai bicara untuk pertama kalinya di usia sekitar 9 - 12 bulan. Di usia ini bayi sudah mulai bisa berbicara satu suku kata misalnya papa, mama atau maem. Bayi juga sudah mulai nyambung ketika orangtua memanggil namanya. Ia bahkan sudah bisa diajak berkomunikasi meski itu hanya sebatas ajakan atau perintah untuk melambaikan tangan atau dada, cium jauh dan mengambil mainannya.

Pentingnya Orangtua Mengajak Bayi Bicara

Para ahli menjelaskan jika penting bagi setiap orangtua untuk mengajak buah hatinya berbicara, bersenda gurau atau mengajaknya komunikasi. Semakin sering orangtua mengajak anak bicara, anak akan semakin cepat menangkap maksud orangtua. Ia juga akan semakin cepat dalam belajar mengatakan kata pertama mereka. 

Orangtua yang rutin mengajak anak berbicar atau ngobrol selain melatih bicaranya, ini juga melatih kecerdasan otaknya. Anak yang dekat dengan orangtua juga akan memiliki perasaan yang lebih bahagia. Ketika perasaan anak bahagia, ini bisa memaksimalkan tumbuh kembangnya. 

Anak Tak Kunjung Bicara, Kapan Orangtua Perlu Waspada?

Ketika anak telah berusia 11 bulan ke atas sedang ia tidak merespon sama sekali panggilan orangtua atau orang-orang di sekitarnya, orangtua perlu untuk lebih waspada. Pasalnya, di usia ini anak seharusnya sudah mulai mengucapkan satu dua patah kata. Anak juga sudah bisa merespon kehadiran orang-orang di sekitarnya. Di usia 11 bulan ke atas, seharusnya anak sudah bisa minta digendong, melambaikan tangan, tersenyum saat ada orang yang menyapanya dan masih banyak lagi. 

Untuk memaksimalkan tumbuh kembang bayi, orangtua penting memberikan nutrisi yang cukup untuknya. Penting juga bagi orangtua untuk mengasah kemampuan komunikasinya dengan sering-sering mengajak bicara, bercanda dan menyapanya. Membacakan buku cerita sejak anak berusia di bawah 12 bulan juga penting dilakukan demi mengasah kemampuan komunikasinya. 

Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading