Sukses

Parenting

Kapan Sebaiknya Anak Mulai Diajarkan Makan Sendiri? Ini Kata Ahli

Fimela.com, Jakarta Setiap anak memiliki tumbuh kembang masing-masing. Meski begitu, orangtua penting mendukung tumbuh kembang anak agar lebih maksimal dengan memberinya nutrisi terbaik, merawat dan mengajarkan anak berbagai hal baru seiring dengan tumbuh kembangnya. Termasuk mengajarkan anak untuk menjadi pribadi yang mandiri dengan belajar makan sendiri. 

Meski penting bagi anak diajarkan untuk makan sendiri, sebagian besar orangtua rupanya lebih nyaman menyuapi anaknya. Ini selain karena anak bisa makan lebih lahap, menyuapi anak juga akan membuat anak tetap bersih dan rapi setelah makan. Mengenai aktivitas mengajari anak makan sendiri, kapan kira-kira orangtua bisa untuk memulai mengajarinya? 

Waktu yang Tepat untuk Mengajari Anak Makan Sendiri

Mom bisa mulai mengajarkan anak makan sendiri saat ia sudah bisa duduk dengan tegak dan nyaman sendiri. Ketika anak sudah tertarik pada makanan, mampu menggenggam makanan atau camilan dengan baik dan anak sudah mau memasukkan makanan ke mulutnya serta anak telah mampu mengonsumsi makanan padat, sebaiknya Mom mulai mengajari anak untuk makan makanan sendirinya. 

Melansir dari laman parents.com, anak bisa diajarkan untuk makan sendiri saat usianya 8 - 12 bulan. Pada usia ini, anak sudah bisa menggenggam atau menggunakan jari-jarinya dengan cukup baik. Ia bisa makan dengan memegang tangannya. Sedangkan untuk mengajarkan anak mulai makan dengan sendok pertama kali, ini bisa diajarkan saat anak berusia 13 - 18 bulan.

Anak yang Makan Sendiri Harus Tetap Didampingi dan Diawasi

Meski anak sudah bisa mulai makan sendiri di usia 8 hingga 18 bulan, Mom harus tetap mendampingi dan mengawasi anak saat makan. Di usia ini anak belum paham betul makanan yang ia makan. Risiko tersedak, batuk dan muntah karena makanan sangat besar di usia ini. 

Anak dikatakan telah mandiri dan bisa dibiarkan makan sendiri saat ia telah berusia di atas 24 bulan. Pada usia ini akan bisa lebih hati-hati saat makan. Ia juga bisa memilih makanan yang enak atau pun tidak enak untuknya. 

Semoga informasi ini bermanfaat. Pastikan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak dengan baik agar tumbuh kembangnya juga semakin baik.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading