Sukses

Parenting

3 Alasan Pentingnya Memberikan Pendidikan Seks Kepada Buah Hati saat Memasuki Usia Remaja

Fimela.com, Jakarta Pendidikan seks secara luas dianggap sebagai hal yang tabu di banyak masyarakat bahkan hingga saat ini. Beberapa alasan untuk ini jelas, seperti keengganan orangtua untuk membayangkan si kecil menjelajahi keintiman fisik dengan yang lain. Namun, Mom harus menyadari bahwa memperingatkan anak remaja tentang keintiman fisik sangat berbeda dengan mendorong mereka untuk berhubungan seks.

Nah, berikut ini adalah tips yang membantumu Mom untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang mengapa orangtua perlu berbicara dengan anak remaja tentang pentingnya pendidikan seks.

Kurang Terbuka dengan Orangtua, Buat Dia Merasa Nyaman saat Membahas Pendidikan Seks

Sebagai orangtua, Mom akan menemukan bahwa anak-anak yang lebih kecil cukup berani mengungkapkan tentang rasa ingin tahu mereka tentang 'burung dan lebah'. Namun, anak mulai beranjak dewasa, Mom melihat bahwa anak remaja kurang antusias untuk berbicara dengan orangtua tentang seks. Ini mungkin karena mereka merasa canggung untuk mendiskusikan topik tersebut dengan Mom.

Selain itu, mereka mungkin berasumsi bahwa mereka memiliki cukup detail tentang subjek karena informasi yang mereka dapatkan dari teman sebaya, teman, atau bahkan dengan mempelajari ruang gelap internet, namun, ini jauh dari benar.

Informasi yang Dicari dari Teman atau Internet Bisa Salah dan Tidak Lengkap

Ketika anak remaja mencoba untuk mencari informasi tentang topik seks dari teman-teman mereka atau bahkan dari internet, mereka bisa mendapatkan informasi yang salah. Tahukah Mom bahwa banyak remaja percaya bahwa metode cabut gigi sudah cukup untuk menghindari kehamilan? Selain itu, banyak anak remaja mengembangkan kecanduan pornografi yang tidak sehat, yang dapat mengubah harapan mereka dalam hal keintiman dengan pasangan masa depan.

Konsekuensi Mengerikan dari Tidak Memberikan Pendidikan Seks

Pendidikan seks adalah tonggak penting dalam mengasuh anak karena Mom harus memberi tahu anak remaja tentang metode atau seks yang aman atau bahkan dilarang. Menghindari melakukannya akan menjauhkan mereka dari hamil muda atau di luar nikah. Selain itu, ada konsekuensi yang mengancam kehidupan dari seks tanpa pengaman seperti tertular penyakit menular seksual yang dapat merusak hidup mereka.

Jadi, saat anak Mom mendekati masa dewasa, pastikan untuk berbicara tentang keintiman fisik dengan mereka sehingga mereka mendapat informasi yang baik.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading