Sukses

Parenting

Kenali Apa itu Terrible Two dan Kapan Itu Dimulai pada Anak

Fimela.com, Jakarta Setiap anak memiliki kepribadian yang unik, dan ini akan terlihat seiring dengan bertambahnya usia anak. Kepribadiannya akan dibentuk dan dibentuk sebagai kombinasi dari orang-orang di sekitarnya, genetika, dan suasana kehidupannya. Namun, sebagian besar bayi cenderung menunjukkan ciri kepribadian yang sama saat mereka melewati usia dua tahun yang biasa dikenal dengan temper tantrum.

 

Dikutip dari Parentfirstcry.com, Ketika seorang anak berusia sekitar dua tahun, orangtua akan menemukan bahwa ledakan emosi dari anak menjadi lebih sering dan umum. Dia mungkin memiliki temperamen yang umumnya marah dan mungkin membuat ulah karena banyak hal kecil. Namun, kamu tidak perlu khawatir tentang hal ini sebagai aspek kepribadiannya hal ini lebih merupakan tahap perkembangan yang memengaruhi sebagian besar anak

Kapan Terrible Two dimulai?

Seperti namanya, fase tantrum pada anak biasanya dimulai sekitar usia 2 tahun pada anak. Namun, bisakah pasangan yang mengerikan dimulai sejak dini pada anak-anak? Ya, masalah telah diamati pada anak-anak semuda usia 18 bulan, meskipun terrible two pada 18 bulan tidak begitu umum. Kondisi tersebut dapat berlangsung selama lebih dari satu tahun hingga usia 3 atau 4 tahun, tergantung kapan dimulainya pada anak. Ini adalah tahap perkembangan, dan frekuensi amukan berkurang saat bayi mulai berkomunikasi lebih baik dengan orangtuanya.

 

Apa Penyebab Tantrum di Usia Dua Tahun?

Perilaku buruk pada anak bukanlah pertanda adanya masalah dalam kepribadian mereka, sehingga orangtua tidak perlu khawatir dengan masalah kemarahan pada anak mereka. Sejak usia dini, anak-anak mencoba mengamati dan meniru orang dewasa di sekitarnya dalam segala hal. Sampai usia dua tahun, anak itu tidak dapat melakukan sesuatu sendiri dan membutuhkan bantuan orang dewasa untuk semuanya. Namun, seiring bertambahnya usia, dia akan mencoba menjadi lebih mandiri dan akan berjuang untuk melakukan berbagai hal sendiri. Dia segera mengetahui bahwa dia membutuhkan bantuan orang dewasa untuk banyak hal, yang menyebabkan rasa frustrasi dalam pikiran muda mereka.

 

Anak-anak memiliki rasa kemandirian dan harapan tentang diri mereka sendiri yang harus mereka penuhi agar dapat dipuaskan. Ketika mereka mengetahui bahwa mereka membutuhkan bantuan orang dewasa, itu mengarah pada frustrasi dan pelepasan emosi yang meluap-luap. Di situlah letak masalah berikutnya karena kurangnya komunikasi. Semua emosi ini tidak dapat diekspresikan dengan baik dengan kosakata yang terbatas dari seorang anak berusia dua tahun, sehingga hasilnya adalah kemarahan ganda yang mengerikan pada anak-anak. Namun, amukan berkurang frekuensinya saat anak menjadi lebih baik dalam komunikasi, sehingga perilaku antagonis ini hilang dalam waktu satu tahun. Orang tua dapat membantu anak-anak mereka mengatasi fase ini dengan baik juga.

 

Penulis : Saffa Sabila

#Woman For Woman

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading