Sukses

Parenting

Anak yang Dekat dengan Ayah Sejak Bayi Punya Kehidupan Berkualitas

Fimela.com, Jakarta Ayah memiliki peran penting untuk menunjang tumbuh kembang anak. Penelitian bahkan menemukan jika anak yang dekat dengan sang ayah dan memiliki banyak waktu bersama ayah sejak bayi berpotensi memiliki kehidupan yang berkualitas. 

Melansir dari laman liputan6.com, Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), Agustina Erni menilai bahwa ayah memiliki peranan yang sangat besar sejak kelahiran anak. Anak yang mendapat kasih sayang dan perhatian penuh dari ayah sejak bayi akan tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sangat bahagia. Anak ini juga lebih berpotensi menjadi pribadi yang cerdas, berperasaan dan percaya diri.

Peran Penting Ayah dalam Pengasuhan Anak

Anak-anak yang mendapat pengasuhan terbaik dari sang ayah sejak ia lahir, dikatakan berpotensi memiliki kehidupan yang berkualitas. Melansir dari laman asianparent.com, anak-anak yang mendapat pengasuhan terbaik dari ayah juga lebih rendah bermasalah saat ia remaja pun dewasa. 

Irma Afriyanti, seorang psikolog dari PION Clinician mengungkapkan, “Ternyata, ayah-ayah yang terlibat dalam pengasuhan akan merasa hidupnya lebih berkualitas, mereka akan merasa kualitas hidupnya lebih baik. Begitupun dengan sang anak.”

Peran Ayah untuk Kecerdasan Anak

Peran ayah dalam mengasuh anak juga penting untuk kecerdasan otak anak. Penelitian menemukan jika ayah yang turut serta dalam pengasuhan anak umumnya akan memiliki anak yang cerdas, berperilaku baik dan bahagia. Anak dengan ayah yang penuh kasih sayang, ramah tapi tegas juga terbentuk sebagai pribadi yang mengesankan. 

Keterlibatan ayah dalam pengasuhan dan tugas-tugas perawatan anak, tidak hanya berdampak pada perkembangan anak, tapi juga memberikan manfaat pada kesehatan perempuan dan pemberdayaan ekonomi. Dalam artian, peran ini bisa membuat seorang istri merasa lebih bahagia dan sehat secara fisik pun psikis. Ketika suami dan istri sama-sama saling membantu dalam urusan rumah tangga terutama dalam pengasuhan anak, ini dikatakan akan membuat hubungan yang ada semakin sehat serta bahagia. 

Mengingat akan pentingnya peran ayah dalam pengasuhan anak, usahakan agar baik suami maupun istri saling bekerja sama mengasuh anak. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading