Cegah Alergi, Ini Makanan yang Wajib Dikenalkan pada Anak Sejak Usia Dini

Mimi Rohmitriasih24 Mei 2022, 18:45 WIB
Diperbarui 24 Mei 2022, 18:45 WIB
Anak Makan

Fimela.com, Jakarta Ketika anak telah berusia 6 bulan, sudah saatnya ia dikenalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI). Konsumsi ASI saja tidak mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi anak yang telah berusia lebih dari 6 bulan. Saat usia ini, anak juga penting diperkenalkan dengan beberapa jenis makanan untuk mencegah risiko alergi di kemudian hari. 

Melansir dari laman parents.com, setidaknya ada dua jenis makanan yang wajib dikenalkan ke anak sejak usianya sedini mungkin untuk mencegah risiko alergi. Makanan ini tak hanya mencegah risiko alergi, ini juga  bisa mengetahui apakah anak rentan alergi terhadap makanan tertentu atau tidak. 

Penasaran makanan apa saja yang wajib dikenalkan ke anak sejak sedini mungkin untuk mencegah alergi?

Makanan yang Wajib Dikenalkan ke Anak Sejak Sedini Mungkin

anak kecil makan
Ilustrasi/Shutterstock.com/Jaochainoi1980

Penelitian yang dilakukan para ilmuwan terhadap kurang lebih 200 ribu anak, menemukan jika pada saat anak usia 1 tahun atau usia-usia ini, anak wajib dikenalkan dengan dua jenis makanan. Makanan tersebut adalah telur dan kacang. 

Dengan mengenalkan makanan berupa telur dan kacang, ini sekaligus mengetahui apakah anak alergi terhadap dua makanan ini atau tidak. Ini juga bertujuan mencegah risiko anak terkena alergi telur atau kacang saat usianya bertambah dewasa kelak.

Manfaat Memberi Telur dan Kacang pada Anak

anak makan
Ilustrasi/copyrightshutterstock/buritora

Studi menemukan jika anak yang dikenalkan pada telur dan kacang sejak usia di bawah satu tahun lebih rendah berisiko alergi. Sementara itu, anak yang dikenalkan pada telur dan kacang saat usianya lebih dari lima tahun, mereka justru rentan terhadap alergi pada keduanya.

Saat memberikan telur atau kacang ke anak yang masih balita, pastikan bahwa kedua makanan tersebut dimasak hingga benar-benar matang. Kacang juga harus diberikan dengan kondisi yang sudah dihaluskan atau berupa pasta. Ini demi mencegah risiko tersedak atau masalah kesehatan lain terkait sistem pencernaan anak. 

Selain mencegah risiko alergi, asupan nutrisi dari telur dan kacang juga baik untuk tumbuh kembang anak. Ini juga sangat baik untuk kecerdasan anak. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela