4 Hal Sederhana yang Diinginkan sebagai Seorang Anak

Fimela Reporter27 Mei 2022, 17:35 WIB
Diperbarui 27 Mei 2022, 17:35 WIB
anak

Fimela.com, Jakarta Sebagai manusia, setiap orang tentunya pernah mengalami masa kanak-kanak. Bagi sebagian orang masa kanak-kanak tersebut adalah masa terindah yang dapat dikenang seumur hidup. Namun tidak sedikit juga orang yang memiliki masa kanak-kanak yang memang membekas meskipun tidak menyenangkan. 

Setelah beranjak dewasa, sebagian dari kita tentunya ingin memiliki momongan untuk menemani dan menjadi generasi baru yang lebih baik dibandingkan kita. Sebagian besar orangtua tentunya ingin anaknya bahagia dan dekat dengan kedua orang tuanya sehingga memberikan segala hal yang terbaik untuk anak.

Jika mengingat masa kanak-kanak, kita juga dapat mengenang sebagai seorang anak, apa saja yang ingin didapatkan dari orang tua yang mungkin dulu tidak kita dapatkan. Simak beberapa hal sederhana yang jika orang tua lakukan kepada anaknya, akan membuat sang anak bahagia.

Hal yang Diinginkan Anak

ibu dan anak
Ilustrasi/copyrightshutterstock/PorporLing

Pujian

Sebagai anak, rasanya senang mendengar pujian yang penuh perhatian pada hal-hal kecil yang sedang anak lakukan. Contohnya memberikan pujian ketika anak memberikan bunga kepada orang tua, atau anak mampu membuat susu formula dalam gelas. 

Didengarkan dan diperhatikan

Sebagai seorang manusia, kamu pasti ingin didengar dan diperhatikan ketika berbicara bukan? Demikian juga pada anak-anak. Anak juga sangat senang ketika orang tua memberikan perhatian penuh dan didengarkan ketika sedang bercerita, bahkal hal yang tidak penting sekalipun. Ketika anak membuat kesalahan, usahakan untuk mendengar dan memperhatikan apa yang dikatakan anak supaya kita dapat memahami dimana letak kesalahan yang dapat dikoreksi. Dengan demikian, selain orang tua memberikan contoh yang baik bagi anak yaitu ketika seseorang bercerita harusnya diperhatikan dan didengarkan, orang tua juga dapat menemukan hal yang harus dikoreksi tanpa harus menaikan nada suara.

Quality time

Memang benar bermain dengan teman sebaya sangatlah asik dan seru bagi anak. Namun, ada hal yang lebih asik lagi yaitu menghabiskan waktu untuk bermain dengan kedua orang tuanya. Anak akan sangat senang jika kedua orang tuanya mengajaknya bermain, membacakan dongeng, membantu mengerjakan PR, atau sekedar menemaninya menonton siaran kartun favoritnya. Pada saat inilah akan terjadi bonding antara anak dengan orang tua.

Pelukan

Sebagai seorang anak, tempat ternyaman adalah pelukan kedua orang tuanya. Sering-seringlah memberikan pelukan pada sang anak untuk hal sekecil apapun. Dibandingkan memberikan hadiah berupa benda, memberikan pelukan bagi buah hati adalah hadiah yang lebih bermakna terlebih jika ditambah dengan berbagai kalimat pujian. Saat berpelukan ini juga dapat dimanfaatkan untuk memberikan nasihat atau pendidikan baru bagi sang anak.

Ditulis oleh: Cantika Indah Santosa

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela