Sukses

Parenting

5 Cara Mudah Menambah Nafsu Makan Anak

Fimela.com, Jakarta Saat anak melakukan gerakan tutup mulut atau GTM, tentu hal ini akan membuat setiap orangtua merasa khawatir, sedih dan bingung. Anak yang susah makan sering kali membuat orangtua merasa bingung. Hal ini mengingat bahwa usia anak-anak nutrisi dan gizi yang masuk ke dalam tubuh anak seharusnya terpenuhi dengan maksimal. Jika anak susah makan, tentunya nutrisi dan gizi yang masuk ke dalam tubuhnya akan maksimal. 

Agar nutrisi dan gizi yang masuk ke tubub anak senantiasa maksimal, usahakan agar membuat nafsu makan anak tetap baik. Pastikan jika anak tidak mogok makan. Lantas, bagaimana untuk menambah nafsu makan anak? Melansir dari laman babycenter.com, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah nafsu makan anak.

Buat Tampilan Makanan yang Menarik

Cara pertama adalah buat tampilan makanan yang menarik. Tampilan yang menarik akan membuat anak tertarik mencicipi makanan di depannya. Tampilan makanan yang menarik juga meningkatkan nafsu makan anak.

Sajikan Beragam Makanan

Usahakan untuk menyajikan beragam jenis makanan untuk anak. Makanan yang beragam akan membuat anak lebih tertarik makan. Makanan yang beragam juga membuat anak lebih leluasa memilih makanan yang ia suka dan akhirnya mau makan.

Berikan dalam Porsi Kecil

Memberikan makanan ke anak dengan porsi kecil akan membantu anak lebih nyaman dan senang saat makan. Dibandingkan makanan dengan porsi besar yang membuat eneg, makan dengan porsi kecil atau nyaris kurang justru meningkatkan nafsu makan.

Batasi Pemberian Minuman Saat Makan

Cara berikutnya agar nafsu makan anak bertambah adalah dengan membatasi pemberian minuman saat makan. Minum terlalu banyak saat makan hanya akan membuat anak cepat kenyang oleh minumannya. Sebaiknya beri sedikit air minum ke anak sebelum makan kemudian berikan makanannya dan simpan minumannya selagi anak makan.

Hindari Memaksa Anak Makan

Pastikan untuk menghindari sikap memaksa anak untuk makan. Usahakan agar anak makan sesuai dengan keinginanya. Memaksa anak makan hanya akan membuat anak semakin tidak nafsu makan bahkan mogok makan. Usahakan untuk menciptakan suasana makan yang menyenangkan demi menambah nafsu makan anak. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah nafsu makan anak. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading