Sukses

Parenting

5 Masalah Kesehatan Bayi yang Sering Terjadi yang Penting Diketahui

Fimela.com, Jakarta Tidak seperti orang dewasa, bayi sangat rentan terhadap  berbagai masalah kesehatan. Kondisi tubuh bayi yang belum sepenuhnya stabil dan daya tahan tubuhnya yang masih lemah, meningkatkan risiko bayi lebih mudah terserang berbagai penyakit seperti halnya demam, flu, batuk maupun masalah kesehatan lain. 

Saat bayi sedang sakit, tentu hal ini akan membuat orangtua merasa sangat khawatir dan panik. Saat sakit, bayi juga akan menjadi lebih rewel. Melansir dari laman parents.com, ada beberapa masalah kesehatan bayi yang sangat sering terjadi. Apa saja masalah kesehatan tersebut? Simak yang berikut ini.

ISPA atau Infeksi Saluran Pernafasan

Masalah kesehatan bayi yang pertama adalah ISPA atau Infeksi Saluran Pernafasan. Bayi sangat rentan terhadap masalah ISPA berupa batuk, pilek, sinusitis, bronkitis bahkan covid-19. ISPA yang terjadi pada bayi tidak jarang juga terjadi karena selama di kandungan bayi minum air kawah atau mengalami gangguan kehamilan lain.

Demam

Masalah selanjutnya adalah demam. Demam terjadi karena tubuh bayi dengan melawan infeksi atau bakteri yang menyerang tubuhnya. Demam juga rentan terjadi pada bayi yang baru saja mendapatkan imunisasi wajib. Untuk masalah demam, biasanya masalah ini akan sembuh dalam beberapa hari. Namun, jika demam disertai gejala lain seperti sesak nafas, kejang, muntah dan diare, Mom penting memeriksakan kondisi bayi ke dokter atau bidan ahlinya.

Diare

Masalah kesehatan bayi yang sering terjadi selanjutnya ada diare. Diare biasa disebabkan oleh infeksi virus, alergi makanan bahkan konsumsi makanan yang mengandung racun. Untuk bayi yang hanya konsumsi ASI, diare bisa disebabkan oleh sistem pencernaannya yang mengalami masalah atau infeksi virus.

Diaper Rash

Diaper rash atau ruam popok juga menjadi masalah kesehatan bayi yang sering terjadi. Untuk mengatasi masalah ini, usahakan untuk memberikan popok yang benar-benar cocok di kulit bayi. Segera ganti popok jika sudah penuh atau bayi buang air besar. Ruam popok biasanya akan membuat bokong, selangkangan atau sekitar organ intim gatal, berwarna kemerahan dan bentol.

Sembelit

Masalah kesehatan selanjutnya adalah sembelie. Bayi juga rentan sembelit karena konsumsi susu formula atau makanan lain. Sembelit ditandai dengan bayi yang tidak buang air besar lebih dari seminggu, tinja sangat keras dan bayi menangis saat buang air besar. Selain karena konsumsi susu formula, sembelit juga terjadi saat anak bayi kurang serat dan mengalami dehidrasi.

Itulah beberapa masalah kesehatan bayi yang sering terjadi dan penting untuk diketahui oleh setiap orangtua. Jika bayi mengalami masalah kesehatan tertentu dan tak kunjung sembuh dalam beberapa hari, pastikan untuk segera membawa bayi ke dokter atau bidan ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading