5 Cara Mengajarkan Anak Bahasa Inggris di Rumah, Efektif dan Menyenangkan

Nabila Mecadinisa29 Jun 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 29 Jun 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi ibu dan anak

Fimela.com, Jakarta Sebagai bahasa universal, bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang harus dikuasai semua orang. Mempelajari bahasa Inggris tentu akan lebih mudah saat diterapkan sejak dini, sehingga tak ada salahnya untuk mengajarkannya pada anak. 

Melatih kemampuan berbahasa Inggris untuk anak bisa dilakukan di rumah, bahkan ada sejumlah cara yang bisa dilakukan agar proses belajar bisa dilakukan secara efektif, mudah, dan menyenangkan. Lalu, bagaimana cara terbaik untuk mengajarkan bahasa Inggris bagi anak? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Mulai memberi tontonan berbahasa Inggris

Cara yang bisa dilakukan untuk mengajarkan bahasa Inggris kepada anak bisa dilakukan dengan memperkenalkannya melalui tontonan-tontonan yang menarik berbahasa Inggris. Cara ini bisa jadi upaya baik untuk memperkenalkannya kepada sang buah hati. 

2. Mulai berkomunikasi dengan bahasa Inggris sedikit demi sedikit

Belajar bahasa Inggris bagi anak
Ilustrasi/copyrightshutterstock/PorporLing

Agar sang anak mulai terbiasa dengan bahasa Inggris, maka mulailah dengan mengobrol perlahan dengan anak dengan bahasa Inggris. Cara ini sebagai cara terbaik untuk memperkenalkan anak agar mulai terbiasa dengan bahasa Inggris. 

3. Ajarkan dengan cara bermain game yang menyenangkan

Salah satu upaya untuk menjadikan seorang anak lancar berbahasa Inggris adalah dengan mengubah cara belajar serius jadi menyenangkan. Perkaya kosakata dengan permainan menarik sehingga si kecil mudah mengingat kata-kata dengan baik. 

 

4. Bernyanyi dan mendengarkan lagu berbahsa Inggris

ibu dan anak
Ilustrasi/copyrightshutterstock/DUSITARA STOCKER

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mendengarkan lagu dan juga bernyanyi dengan lagu-lagu berbahasa Inggris. Cara ini bisa menjadi solusi yang baik untuk melatih pengucapan kata-kata berbahasa inggris dengan baik dan benar. 

5. Terus mengulang dan melatih setiap hari

Agar sang buah hati bisa berkembang dan mengingat serta terbiasa berbahasa Inggris, maka lakukan secara konsisten dengan terus menerus melatih percakapan dan pembelajaran struktur setiap hari. Tentukan jam tertentu untuk belajar bahasa Inggris bagi anak agar ia bisa mengingat dan memahaminya dengan baik. 

 

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela