Sukses

Parenting

5 Tips Sederhana Agar Anak Lancar Berbicara

Fimela.com, Jakarta Agar anak semakin lancar bicaranya, orangtua perlu melakukan berbagai stimulasi yang konsisten. Melalui stimulasi yang konsisten, perlahan anak akan semakin terlatih dan baik bicaranya. 

Melansir dari laman parents.com, tidak ada tolak ukur pasti kapan anak bisa mulai bicara. Ini mengingat perkembangan setiap anak berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Ada anak-anak yang di bawah 1 tahun sudah mulai mengoceh dan berbicara, namun ada anak yang telah berusia di atas 1 tahun bahkan di atas 2 tahun baru bisa bicara. 

Untuk melatih anak agar lekas bicara, ada beberapa tips sederhana yang bisa orangtua lakukan di rumah. Berikut beberapa tipsnya. 

Sering Ajak Anak Ngobrol

Tips pertama adalah sering-seringlah mengajak anak berbicara atau ngobrol. Walau anak belum memahami maksud Mom, hal ini akan melatih anak untuk fokus pada orang yang mengajaknya bicara atau ngobrol. Semakin sering Mom mengajak anak bicara, semakin terlatih dan semangat anak untuk bisa berbicara juga. 

Gunakan Musik Untuk Melatih Bicara Anak

Manfaatkan musik untuk melatih anak berbicara. Ajak anak mendengarkan musik, bermain alat musik dan bernyanyi agar ia juga sambil belajar bicara. Pilih lirik yang ramah dan edukatif untuk anak.

Ajak Anak Membaca Buku

Tips selanjutnya adalah ajak dan biasakan anak untuk membaca buku. Cara ini akan membuat anak ingin tahu lebih banyak tentang yang ia baca. Ini juga memotivasi anak untuk berbicara. Sebaiknya, pilih buku yang tebal dengan gambar-gambar menarik di dalamnya.

Dengarkan Anak Saat Ia Bicara

Pastikan untuk mendengarkan dan mencoba merespon anak saat ia bicara. Hal ini akan memotivasi anak untuk berbicara lebih banyak dan lebih lancar.

Jangan Meniru Gaya Bicara Anak

Hindari meniru gaya bicara anak karena ini bisa membuatnya merasa gaya bicaranya sudah benar. Saat berbicara dengan anak, usahakan untuk berbicara dengan gaya bicara Mom atau ayah, bicara dengan kata–kata yang jelas dan bicara pelan di depan anak. 

Itulah beberapa tips sederhana agar anak lancar berbicara. Semoga tips ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading