5 Makanan yang Pantang Diberikan ke Anak yang Sedang Panas

Mimi Rohmitriasih28 Jun 2022, 14:45 WIB
Diperbarui 28 Jun 2022, 14:53 WIB
anak sakit

Fimela.com, Jakarta Ketika mendapati buah hati demam atau panas, tentu hal ini membuat setiap orangtua merasa khawatir. Setiap orangtua juga akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan obat terbaik agar demam anak lekas turun. Orangtua juga berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan nutrisi terbaik ke anak agar turunya cepat turun. Namun Mom, saat anak panas ada beberapa makanan yang pantang diberikan ke anak. 

Melansir dari laman theasianparent.com, sedikitnya ada lima makanan yang dilarang diberikan ke anak saat ia panas. Apa saja makanan tersebut? Simak yang berikut ini. 

1. Makanan Bertekstur Keras dan Tajam

keripik singkong renyah
Ilustrasi keripik singkong./Copyright shutterstock.com/g/E+Dewi+Ambarwati

Makanan pertama yang dilarang diberikan ke anak saat panas adalah makanan dengan tekstur keras tajam seperti keripik, kerupuk atau sejenisnya. Makanan ini bisa menyebabkan infeksi tenggorokan yang bisa membuat panas anak semakin parah. Ini juga memungkinkan anak mengalami masalah kesehatan lain selain panas. 

2. Minuman dan Makanan Berkafein

kopi
ilustrasi kafein/Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Hindari pula memberikan minuman dan makanan yang mengandung kafein. Hindari juga memberikan minuman bersoda ke anak karena hal ini bisa membuat anak rentan dehidrasi selama panas atau demam. Minuman yang berkafein dan bersoda juga tidak baik jika dikonsumsi bebarengan dengan obat-obatan penurun panas. 

3. Es Krim

kepribadian
ilustrasi es krim/copyright Pixabay

Es krim menjadi makanan yang sangat disukai anak-anak. Namun, hindari memberikan es krim ke anak yang sedang panas. Es krim mengandung gula, lemak, es dan sensasi dingin yang bisa membuat daya tahan tubuh semakin lemah yang menjadikan panas tidak kunjung turun.

4. Makanan Olahan

Makanan Olahan dengan Kandungan Garam yang Tinggi
Ilustrasi Pizza Credit: pexels.com/pixabay

Makanan selanjutnya yang sebaiknya dihindari untuk diberikan ke anak adalah makanan olahan. Makanan olahan dan makanan instan kurang baik dalam meningkatkan kekebalan tubuh anak selama panas. Bukannya anak cepat sembuh, konsumsi makanan olahan dikhawatirkan membuat panas anak justru semakin awet. 

5. Makanan yang Digoreng

sate goreng Jepang
ilustrasi kushikatsu/Nishihama/Shutterstock

Berbagai jenis makanan yang digoreng juga sebaiknya dihindari diberikan ke anak yang sedang panas. Makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh yang kurang baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak selama panas. Makanan yang digoreng juga memungkinkan membuat anak mengalami masalah peradangan. 

Itulah beberapa makanan yang dilarang diberikan saat anak panas. Saat anak panas, sebaiknya berikan makanan yang rendah lemak seperti sayur dan buah. Berikan pula makanan yang ringan di sistem pencernaan dan sehat untuk tenggorokan. Pastikan anak memiliki waktu istirahat dan konsumsi air putih cukup. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela