Fimela Ask The Expert: Tips Menetukan Skala Prioritas Antara Pekerjaan dan Keluarga

Novi Nadya04 Jul 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 04 Jul 2022, 09:00 WIB
Ilustrasi ibu bekerja dari rumah sambil mengurus anak

Fimela.com, Jakarta Menjadi seorang ibu, apakah ibu bekerja atau sepenuhnya mengurus rumah tangga sama-sama memiliki tantangannya sendiri-sendiri. Yang pasti sama-sama dituntut memiliki manajemen multitasking untuk mengurus diri sendiri, keluarga, dan bagi working mom, tentu pekerjaan.

Hal itu menjadi bahasan Fimela Ask The Expert bersama Dr. Naomi Soetikno, M.Pd, Psikolog dari RS EMC Pulomas yang menjawab 10 pertanyaan dari Sahabat Fimela. Salah satunya topik tentang bagaimana tips menentukan skala prioritas mana yang harus diutamakan antara keluarga dan pekerjaan yang ditanyakan oleh @larasatyaprilia. 

Eits, tenang, bagi yang mengalami dilema tersebut, semua ibu bekerja pasti pernah merasakannya. Yuk, cari tahu tips untuk menyelaraskan antara pekerjaan dan keluarga untuk mencari jalan tengah yang bikin kita tenang dan nyaman menjalani dan menikmati keduanya.

 

 

Perlu Membuat Skala Prioritas

FIMELA ASK THE EXPERT JUNI
Pentingnya Management Multitasking Bagi Seorang Ibu

Hal pertama yang harus dilakukan menurut Dr. Naomi adalah cara benar membuat skala prioritas. Skala prioritas yang tepat adalah melihat dari tingkat kepentingan di saat itu agar mendapatkan fokus yang dimau.

"Misalnya di pagi hari, tandanya tugas seorang ibu di rumah adalah mengurus anak dan keluarga. Nah, saat berangkat kerja, hadirlah di saat itu dengan fokus dengan pekerjaan," ujar Dr. Naomi.

 

 

Saat Fokus Terpecah

cinta ibu dan bekerja sendiri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/spkphotostock

Namun tak selamanya fokus dan rencana berjalan dengan mulus. Seperti saat ada distraksi seperti telepon dari rumah dan membuat fokus terpecah. Lalu apa yang harus kita lakukan?

"Tidak mungkin juga mengabaikan keluarga. Tentu harus ditanggapi dalam waktu beberapa menit. Tapi, kembali lagi, sebagai ibu bekerja harus mengingat kondisi dan tempat, setelah selesai, maka coba untuk kembali fokus bekerja," lanjutnya. 

Nah, cari tahu tips manajemen multitasking untuk para ibu agar bisa mewujudkan goal keluarga yang dibangun, tonton di sini 

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela