5 Permainan Seru yang Bisa Bantu Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Mimi Rohmitriasih07 Jul 2022, 14:45 WIB
Diperbarui 07 Jul 2022, 14:45 WIB
anak bermain

Fimela.com, Jakarta Orangtua mana yang tak bahagia ketika mendapati buah hatinya memiliki otak cerdas, pemikiran cemerlang dan kreatif. Setiap orangtua pasti menginginkan hal ini. Untuk meningkatkan kecerdasan otak anak, memberi asupan bernutrisi dan memberi anak vitamin saja tidak cukup. Anak terutama yang masih balita penting untuk diajak bermain atau beraktivitas yang meragsang perkembangan otaknya. 

Melansir dari laman parents.com, ada beberapa permainan seru yang bisa dilakukan bersama anak untuk membantu meningkatkan kecerdasan anak. Apa asaja permainan seru tersebut?

Bermain Balok

Balok Penyusun
Ilustrasi Anak Bermain Credit: pexels.com/cottonbro

Permainan seru pertama adalah bermain balok. Permainan balok bermanfaat merangsang kreativitas anak untuk menyusun balok. Permainan ini juga meningkatkan kecerdasan anak dengan memintanya mengelompokkan balok berdasar warna maupun bentuk.

Bermain Pasir dan Air

Inilah 5 Tipe-Tipe Mainan Edukatif Untuk Salurkan Energi Anak Laki-Laki Pada Hal Positif
Ilustrasi seorang anak bermain dengan mainannya di halaman rumah. (Sumber foto: Pexels.com).

Anak yang gemar bermain pasir dan air bisa memiliki kecerdasan yang semakin baik ke depannya. Selalu dampingi anak untuk bermain pasir dan air ini. Permainan pasir dan air bisa membantu anak belajar tentang tekstur, volume dan kepadatan.

Masak-Masakan

Plastisin
Ilustrasi anak bermain plastisin | pexels.com/@gabby-k

Aktivitas bermain masak-masakan juga bermanfaat meningkatkan kecerdasan otak anak. Permainan ini mampu membuat kreativitas anak semakin baik. Permainan ini juga membuat ikatan antara orangtua dan anak semakin baik. Anak bahkan bisa merasa lebih bahagia dan nyaman.

Petak Umpet

bayi bermain
Ilustrasi anak tersenyum bahagia/copyright unsplash.com/Jose Ibarra

Permainan selanjutnya yang bermanfaat meningkatkan kecerdasan anak adalah petak umpet. Permainan ini mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal ruang, memprediksi suatu hal dan memahami lokasi ia berada dengan lebih baik.

Membaca Buku atau Cerita

Anak baca buku
ilustrasi/copyright unsplash.com/Ben White

Membaca buku atau bercerita juga merupakan permainan seru yang bisa meningkatkan kecerdasan otak anak. Permainan ini sekaligus membantu meningkatkan daya ingat anak, memiliki wawasan yang lebih luas dan mengenal berbagai hal lewat buku dengan lebih baik. 

Itulah beberapa permainan seru yang bermanfaat meningkatkan kecerdasan otak anak. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela