Sukses

Parenting

Penyebab Bayi Muntah Saat Makan dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Saat bayi telah berusia enam bulan, asupan nutrisi dari ASI (Air Susu Ibu) saja tidak cukup untuknya. Bayi perlu mendapat asupan nutrisi lain dari MPASI (Makanan Pendamping ASI). Ada beragam jenis makanan yang bisa diberikan ke bayi sebagai nutrisi tambahkan untuknya. Namun, pernahkah Mom mendapati bayi muntah saat ia makan? 

Melansir dari laman parents.com, bayi muntah saat makan adalah hal yang wajar dan umum terjadi. Bukan seperti orang dewasa yang merasa tidak enak pada makanan yang dikonsumsi, ini lebih ke beberapa hal lain. Ada beberapa penyebab kenapa bayi muntah saat makan.

Penyebab Bayi Muntah Saat Makan

Penelitian menemukan jika bayi yang muntah saat makan bisa disebabkan karena ia merasa tidak nyaman. Momen makan akan menjadi momen yang baru bagi bayi setelah enam bulan usia pertamanya hanya mengonsumsi ASI. Karena ini momen baru, bayi perlu beradaptasi dan merasa nyaman agar anak makan dengan lahap dan terhindar dari risiko muntah. 

Bayi yang muntah saat makan juga bisa disebabkan karena tekstur makanan yang terlalu keras. Bayi yang masih kenyang karena baru saja mengonsumsi ASI juga rentan mengalami muntah bahkan menolak makan. Kondisi popok yang penuh dan ruang gerak bayi yang terbatas juga membuatnya rentan muntah.

Bagaimana Mengatasi Bayi Muntah Saat Makan?

  1. Untuk mengatasi dan mencegah bayi muntah selama makan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut caranya. 
  2. Pastikan bahwa bayi makan dengan nyaman dan tenang. 
  3. Usahakan agar posisi badan bayi tegak dan posisi kepala lebih tinggi dari posisi badan. 
  4. Hindari memberi makan bayi setelah ia menyusu karena bayi yang kenyang lebih rentan terhadap risiko muntah. 
  5. Hindari menaruh bayi di atas ayunan atau benda bergerak lain saat ia makan atau setelah makan. 
  6. Berikan bayi makanan dengan tekstur yang sesuai dengan usianya, memiliki rasa yang tidak berlebihan dan porsi yang secukupnya. 
  7. Perhatikan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan bayi atau MPASI. Pastikan bahan-bahan makanan yang digunakan adalah bahan yang ramah dan mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi. 

Itulah sekilas mengenai bayi muntah saat makan, penyebab juga cara untuk mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading