Sukses

Parenting

Tidak Hanya Menyenangkan, Ini 6 Manfaat Berenang untuk Tumbuh Kembang Anak

Fimela.com, Jakarta Anak-anak pasti senang bermain air, tidak aneh jika ketika diajak bermain ke taman bermain air ataupun kolam berenang mereka akan jadi bersemangat. Namun, ada baiknya anak tidak hanya dibiarkan sekadar bermain air saja tapi juga diajarkan cara untuk berenang, yang tidak hanya menyenangkan tapi juga memiliki manfaat untuk tumbuh kembang anak.

Centers for Disease Control and Prevention menyebutkan  bahwa anak minimal 60 menit membutuhkan latihan aerobik sehari. Tidak perlu membebani anak dengan latihan fisik membosankan, berenang bisa menjadi kegiatan menyenangkan dan tidak terasa seperti olahraga berat.

Berenang juga menjadi solusi yang baik untuk anak yang banyak menghabiskan waktu di rumah dengan gadgetnya, sehingga jarang beraktivitas fisik. Padahal latihan fisik dibutuhkan untuk perkembangan tubuh anak. Kurangnya aktivitas fisik pada anak bisa berujung pada stamina yang lemah dan kurangnya fleksibilitas tubuh.

Kenapa Berenang Menjadi aktivitas Penting Bagi Anak?

Salah satu keuntungan terbesar dari berenang adalah aktivitas fisik ini tidak terasa seperti olahraga melainkan terasa seperti bermain sehingga olahraga bisa dilakukan dalam jangka waktu lebih lama. Berenang juga merupakan latihan fisik berenergi rendah yang sempurna untuk anak.

Salah satu manfaat fisik utama dari berenang adalah memicu pelepasan endorfin. Endorfin, yang dikenal sebagai 'hormon bahagia' atau 'bahan kimia yang membuat kita merasa baik', mengangkat semangat kita dan membuat kita segar kembali.

Selain membantu perkembangan fisik anak, berenang juga merupakan keterampilan  bertahan hidup yang penting saat bermain air sehingga mengurangi kemungkinan tenggelam. Di sisi lain, berenang untuk menurunkan berat badan membantu mencegah obesitas pada masa kanak-kanak yang merupakan masalah kesehatan yang meningkat.

Manfaat Kesehatan pada Anak Melalui Aktivitas Berenang

Melatih Fisik Anak

Berenang adalah cara yang bagus untuk melatih anak-anak di era gadget elektronik. Bermain di air selalu menarik bagi anak-anak dan berenang menggabungkan kesenangan dan pembelajaran. Ini juga meningkatkan kesehatan jantung dan pernapasan selain meningkatkan stamina dan meningkatkan keseimbangan dan postur.

Penting untuk Keselamatan

Tenggelam dikenal sebagai penyebab umum kedua kematian pada anak-anak berusia di bawah 14 tahun. Mengetahui bagaimana tetap aman jika seseorang jatuh ke air secara tidak sengaja sangat penting. Karena berenang adalah keterampilan yang melekat pada anak Anda seumur hidup, itu jelas merupakan pengejaran yang layak.

Meningkatkan Kesehatan Mental dan Emosional Anak

Mengutip dari parenting.firstcry.com, berenang juga bermanfaat bagi kesehatan mental dan emosional anak Anda. Daya apung alami air telah ditemukan untuk meredakan stres dan meningkatkan suasana hati seseorang. Ini dapat membantu memerangi depresi jika dilakukan secara teratur.

Mengajarkan Team Work

Selain membantu anak Anda mendapatkan teman baru, itu bahkan memupuk semangat tim tanpa mengorbankan individualitas. Belajar bersama dan bersaing satu sama lain secara sportif mengajarkan anak pelajaran hidup yang berharga.

Koordinasi Tubuh yang Lebih Baik

Harus ada banyak sinkronisasi gerakan lengan, kaki, dan seluruh tubuh, belum lagi pola pernapasan. Menguasai ini juga akan memberi anak Anda dorongan kepercayaan diri.

Menjadi Aktivitas Quality Time Antara Orangtua dan Anak

Berenang adalah cara yang bagus bagi orangtua untuk menjalin ikatan dengan sang anak. Membantu anak belajar berenang tidak hanya menyenangkan dan menginspirasi, tetapi juga merupakan tanggung jawab penting bagi orangtua. Belajar berenang dapat mengubah anak yang pemalu menjadi individu yang percaya diri.

Utamakan Keselamatan Ketika Membawa Anak Berenang

Baik itu kolam renang pribadi atau fasilitas umum, memastikan keselamatan saat berenang adalah yang sangat utama. Selalu bawa alat-alat yang mendukung keselamatan anak seperti pelampung, papan renang, topi renang, kacamata air, pakaian renang, dan aksesori renang lainnya.

Penulis: Tasya Fadila

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading