Sukses

Parenting

Alasan Waktu Berkualitas Orangtua Bersama Anak Lebih Baik dari Kuantitasnya

Fimela.com, Jakarta Merawat dan mengasuh anak pada dasarnya adalah tugas dari kedua orangtua. Selain ibu, ayah juga penting dalam membentuk karakter dan kepribadian anak ke depannya. Peran ayah bahkan sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang anak. 

Melansir dari laman parents.com, ayah yang turut serta mengasuh dan merawat anak, memiliki waktu berkualitas bersama anak dan memantau perkembangan anak membuat anak tumbuh dan berkembang jadi pribadi yang lebih baik. Ayah yang dekat dengan sang ayah diketahui memiliki rasa percaya diri yang baik. Anak-anak ini juga memiliki kecerdasan yang maksimal.

Waktu Berkualitas Lebih Penting dari Kuantitas

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Marriage and Family menemukan jika agar tumbuh kembang anak semakin baik, orangtua sangat penting memiliki waktu berkualitas bersama anak. Dibandingkan dengan waktu yang berkuantitas atau dalam artian orangtua memiliki waktu bersama anak lebih banyak dan lebih sering, nyatanya penelitian menemukan jika waktu singkat yang berkualitas lebih utama atau penting. 

Kenapa hal ini bisa terjadi?

Alasan Waktu Berkualitas Sangatlah Penting

Saat orangtua memiliki waktu lebih banyak bersama anak, ini memungkinkan orangtua tidak berada dalam suasana hati yang terus menerus bahagia. Ada saat di mana orangtua merasa stres dan depresi. Saat orangtua stres atau depresi dan bersama anak, ini justru bisa berdampak buruk bagi mental anak. 

Saat anak berusia 3 hingga 11 tahun, orangtua perlu mendampingi dan mengasuh anak dengan baik. Tapi bukan berarti orangtua harus bersama anak terus-menerus. Demi menunjang pertumbuhan dan perkembangan yang lebih baik, sesekali orangtua perlu membiarkan anak untuk bermain sendiri atau bermain dengan teman-temannya dengan tetap dilakukan pengawasan. 

Para ahli menyarankan agar orangtua terlebih ayah menghabiskan waktu bersama anak dengan berkualitas atau di saat ia benar-benar bahagia, penuh semangat dan sikap yang menyenangkan. Ini mengingat bahwa suasana hati orangtua terlebih ayah berperan penting dalam kebahagiaan anak dan tumbuh kembangnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading