Sukses

Parenting

5 Masalah Kulit yang Sering Terjadi Pada Anak, Orangtua Perlu Waspada

Fimela.com, Jakarta Gangguan kulit sering kali menyerang anak-anak. Ini mengingat bahwa kulit anak masih sangat sensitif terhadapa berbagai benda, makanan ataupun hal-hal di sekitarnya. Masalah kulit paling sering terjadi pada anak terutama anak-anak yang masih menggunakan popok adalah ruam kulit. Meski begitu, ada beberapa masalah kulit lainnya yang juga sangat sering terjadi. 

Melansir dari laman theasianparents.com, ada beberapa masalah kulit yang sering terjadi ke anak. Saat anak mengalami masalah kulit ini, orangtua perlu untuk waspada dan memberikan pengobatan atau penanganan terbaik. Ketika masalah kulit pada anak tidak segera ditangani, ini bisa menyebabkan masalah kulit yang lebih serius. Berikut beberapa masalah kulit yang sering terjadi pada anak.

Eksim

Masalah kulit pertama adalah eksim. Anak dengan kecenderungan alergi atau asma sangat mudah terkena eksim. Sejauh ini belum diketahui penyebab pasti eksim. Namun penelitian menemukan jika hal ini berhubungan dengan penurunan daya tahan tubuh anak. 

Cacar Air

Masalah kulit selanjutnya ada cacar air. Ini biasanya juga ditandai dengan badan anak yang demam dan muncul bintik-bintik berisi air di kulit anak. Bintik-bintik cacar akan bisa menular. Cacar air bisa menyebabkan bopeng atau bekas luka. Penyakit ini bisa sembuh setelah 7 sampai 14 hari bahkan lebih.

Kadas

Kadas juga menjadi masalah kulit yang sering terjadi pada anak. Kadas disebabkan oleh jamur yang tumbuh pada kulit mati, rambut serta jaringan tisu pada kuku. Kadas ditandai dengan munculnya ruam di kulit yang kemudian melebar dan terasa gatal. Kadas juga bisa menyebabkan kulit melepuh.

Biang Keringat

Biang keringat adalah masalah kulit yang sangat sering terjadi pada anak terutama anak-anak yang masih bayi. Biang keringat disebabkan oleh tersumbatnya saluran keringat oleh sel kulit mati. Biang keringat paling sering terjadi saat cuaca panas atau gerah. 

Biduran atau Urtikaria

Ini merupakan masalah kulit yang sering terjadi sebagai akibat dari reaksi alergi terhadap makanan, susu, minuman atau benda asing di dekat anak. Biduran juga bisa disebabkan oleh suhu yang tidak cocok untuk anak. Tanda dari biduran adalah kulit gatal dengan benjolan atau ruam berwarna merah. Ini bisa menyerang seluruh bagian kulit tubuh anak dan terjadi dalam waktu singkat bahkan berhari-hari. 

Itulah beberapa masalah kulit yang sering terjadi pada anak. Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan segan untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan anak jika dirasa ada yang tidak beres.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading