Sukses

Parenting

6 Tips Atasi Rasa Bosan Anak saat Naik Pesawat

Fimela.com, Jakarta Saat mengajak anak naik pesawat, perlu memperhatikan beberapa pertimbangan, seperti usia, kesehatan, kebutuhan, dan kenyamanan anak selama di pesawat. Mengajak anak naik pesawat juga membutuhkan kesabaran ekstra. Anak cenderung mudah bosan selama perjalanan. Kiat-kiat apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah anak dari rasa bosan selama di pesawat? Simak tips berikut.

1. Bawa Buku dan Alat Gambar

Rasa bosan akan sangat normal dirasakan anak-anak selama berjam-jam berada di pesawat. Daripada menghabiskan waktu dengan bermain gadget, lebih baik bawakan buku kesukaan anak untuk dibaca. Bawakan juga buku gambar dan krayon, biarkan anak menggambar sesuai kreatifitasnya. Kegiatan ini lebih bermanfaat ketimbang membiarkan anak hanya duduk dan bermain game selama di pesawat.

2. Bawa Mainan Kesukaan

Bermain bisa mengalihkan rasa bosan anak selama di pesawat. Bawakan permainan edukatif yang sesuai dengan usianya, seperti permainan lego, ular tangga, dan monopoli. Bisa juga membawakan kertas lipat, teka-teki silang, dan puzzle. Saat di pesawat anak mulai rewel, bermain bisa membantu mereka tetap tenang. Hindari membawa terlalu banyak mainan karena akan memakan banyak tempat.

3. Bawa Susu dan Makanan Ringan

Saat bosan, anak bisa menjadi cranky atau gampang marah. Makan makanan ringan bisa membuang rasa bosan dan mengembalikan mood anak. Bawakan makanan ringan dari rumah. Jangan lupa untuk membawakan susu juga. Sebaiknya, jangan membawakan makanan ringan yang banyak mengandung MSG karena kurang baik bagi kesehatan anak. Sebagai gantinya, bawakan buah, biskuit, kue kering, roti, dan yogurt.

4. Ajak Nonton Film

Supaya tidak bosan di pesawat, ajak anak menonton film kesukaannya yang sesuai dengan umur. Beberapa maskapai penerbangan menyediakan layanan menonton film secara streaming. Jika tidak, damping anak menonton film melalui gadget. Jika anak sudah lelah bermain, kegiatan seru seperti menonton film efektif meghilangkan rasa bosan. Durasi film yang lama bisa membuat anak tetap anteng selama di pesawat.

5. Pilih Tempat Duduk Strategis

Saat memesan tiket pesawat, usahakan untuk memilih kursi di barisan depan. Kursi di barisan depan biasanya memiliki ruang kaki lebih luas yang bisa membuat anak lebih leluasa bergerak dan bermain. Ini bisa mencegah anak merasa bosan selama berada di dalam kabin pesawat.

6. Naik pada Jam Terbang Bersahabat

Naik pesawat pada jam bersahabat bisa membantu menjaga mood anak tetap baik. Memilih jam terbang yang tepat akan membuat anak tetap aktif selama di pesawat dan tidak gampang bosan. Usahakan untuk memilih jam terbang pagi saat cuaca masih sejuk sebelum matahari terik dan cuaca semakin panas. Saat cuaca panas, anak akan mudah rewel karena merasa gerah.

Itulah beberapa hal perlu diperhatikan saat mengajak anak naik pesawat agar terhindar dari rasa bosan. Semoga tipsnya bermanfaat.

Ditulis oleh: Aulia Oktafia Mahmudah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading