Sukses

Parenting

Jangan Disepelekan, Ini 6 Manfaat Konsumsi Ceker untuk Anak

Fimela.com, Jakarta Tampilannya yang kurang menarik dan proses mengolahnya yang memerlukan usaha ekstra sebab memasaknya harus benar-benar bersih membuat banyak ibu sukar mengolah ceker sebagai makanan anak. Banyak yang menyepelekan ceker sebagai makanan pendamping ASI maupun makanan anak.

Namun, ternyata ceker memiliki kandungan nutrisi baik yang diperlukan tubuh. Jangan ragu mengolah ceker sebagai makanan anak sebab ceker kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Lalu, apa saja manfaat mengonsumsi ceker untuk anak? Berikut ini penjelasannya.

1. Perkembangan Otak

Ceker mengandung omega 3 dan omega 6 yang tinggi. Nutrisi ini merupakan asam lemak esensial yang baik dan diperlukan tubuh. Manfaatnya sangat besar pengaruhnya pada perkembangan otak. Mengonsumsi ceker bisa mengoptimalkan perkembangan otak dan yang bisa menunjang kecerdasan anak. Selain itu, juga meningkatkan konsentrasi dan daya ingat anak. Yang paling penting, bisa memelihara fungsi otak dan menurunkan resiko penyakit pada otak.

2. Kesehatan Kulit dan Kuku

Saat memasak ceker akan keluar cairan yang mengandung gelatin. Gelatin bermanfaat baik bagi penyerapan kalsium yang bisa menjaga kesehatan kuku. Ceker juga kaya akan kandungan kolagen. Nutrisi ini baik bagi kesehatan kulit karena secara aktif meregenerasi sel-sel kulit. Sel kulit yang mati akan cepat tergantikan dengan sel kulit baru. Kulit akan terlihat sehat dan elastis.

3. Kesehatan Tulang, Gigi, dan Gusi

Anak kecil rentan mengalami kerusakan gigi dan gusi akibat kurang menjaga kebersihan gigi dan gusi atau cara membersihkan gigi dan gusi yang tidak benar. Ceker mengandung kalsium, asam amino, kolagen, dan gelatin. Mengonsumsinya baik bagi kesehatan tulang, gigi dan gusi. Selain itu, mengonsumsi makanan bertekstur seperti ceker juga baik dalam proses pembentukan gigi.

4. Saluran Pencernaan

Pencernaan yang tidak lancar dan bermasalah sering dialami si kecil. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi ceker. Ceker mengandung protein, kolagen, glukosamin, dan kondroitin. Nutrisi yang biasa ditemui pada sup dan kaldu. Ceker baik bagi kesehatan usus anak. Mengonsumsinya bisa melancarkan pencernaan dan membantu anak lebih mudah dalam memproses makanan.

5. Penyembuhan Luka

Anak kecil yang aktif seringkali mengalami luka akibat terjatuh saat bermain di luar. Mengonsumsi ceker akan mempercepat penyembuhan luka pada kulit anak. Ceker mengandung kalsium dan protein. Mengonsumsinya bisa mencegah infeksi dengan mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh. Selain itu, bisa mempercepat proses pergantian sel yang rusak dengan meregenerasi syaraf, otot, dan tulang.

6. Kekebalan Tubuh

Kandungan nutrisi dalam ceker, seperti vitamin C, mineral, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, kolagen, dan gelatin baik bagi organ tubuh yang penting, seperti tulang, syaraf, dan jantung. Kandungan nutrisi ini bisa menjaga kesehatan anak dan melindungi dari berbagai penyakit. Untuk itu, konsumsi ceker penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi ceker ayam. Mulai sekarang jangan meremehkan konsumsi ceker untuk anak, ya.

Ditulis oleh: Aulia Oktafia Mahmudah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading