Sukses

Parenting

6 Manfaat Baik Konsumsi Daging Merah untuk Si Kecil

Fimela.com, Jakarta Ada anak yang memiliki alergi daging merah, juga ada orang tua yang beranggapan jika konsumsi daging merah berlebih memiliki efek samping bagi kesehatan anak. Hal ini mencegah anak dari konsumsi daging merah. Padahal, daging merah terbukti mengandung nutrisi berkualitas tinggi, seperti protein, seng, kalium, selenium, dan vitamin B6 dan B12 yang diperlukan tubuh.

Mengonsumsi daging merah juga bisa mencegah anak dari terserang penyakit dan kekurangan nutrisi yang bisa berakibat buruk bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Pertimbangkan untuk mengolah daging merah menjadi makanan anak dengan mengetahui manfaatnya berikut.

1. Fungsi Pikiran dan Tubuh

Asam amino esensial di dalamnya diperlukan tubuh untuk meningkatkan fungsinya. Sumber protein lengkapnya dibutuhkan otak untuk meningkatkan fungsi pikiran, termasuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Zat besi dan seng mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus, sehingga baik bagi sistem kekebalan tubuh. Jadi, anak tidak akan mudah terserang penyakit dan jatuh sakit.

2. Perkembangan Otot dan Tulang

Sumber protein yang kaya pada daging merah bermanfaat bagi perkembangan otot dan tulang anak. Mengonsumsi daging merah dengan cukup bisa memperkuat otot dan mendukung pertumbuhan tulang. Otot dan tulang yang kuat dan sehat bisa menunjang aktifitas harian anak.

3. Perkembangan Otak

Selama ini kita mengenal bayam dengan kandungan zat besi tinggi. Namun, tahukah jika daging merah mengandung zat besi lebih tinggi dari bayam? Zat besi pada daging merah akan memproduksi sel yang bisa melindungi syaraf otak. Vitamin B6 dan B12 bisa meningkatkan daya pikir dan kecerdasan anak.

4. Kenyang Lebih Lama

Protein yang tinggi akan membuat anak merasa kenyang lebih lama. Ini bisa mencegah anak makan makanan berlebihan dan jajan sembarangan. Makan daging merah juga bisa memberikan energi yang lebih tahan lama. Selain itu, mengonsumsinya bisa menstabilkan gula darah, sehingga si kecil bisa terhindar dari diabetes.

5. Mencegah Anemia

Selain protein, daging merah juga kaya akan nutrisi yang tidak kalah penting lainnya, yaitu zat besi. Zat besi bisa mencegah anak terkena anemia. Anemia bisa menyebabkan pertumbuhan anak terganggu. Anak akan lemah dan gampang lelah. Makan daging merah bisa menghindarkan dari hal tersebut.  

6. Kesehatan Mental

Disamping mengandung protein dan zat besi, daging merah juga mengandung vitamin. Vitamin yang terdapat pada daging merah yaitu vitamin A, B, dan D. Vitamin ini baik bagi kesehatan mata, tulang, dan gigi. Tidak hanya itu, nutrisi ini juga baik bagi kerja sistem saraf pusat, sehingga kesehatan mental akan terjaga.

Sehat dan mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Itulah sejumlah manfaat mengonsumsi daging merah untuk anak. Jangan lupa untuk terus memberikan nutrisi yang terbaik bagi si kecil.

Ditulis oleh: Aulia Oktafia Mahmudah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading