Sukses

Parenting

5 Cara Mudah Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Fimela.com, Jakarta Ketika nafsu makan anak menurun, hal ini akan membuat setiap orangtua merasa khawatir dan cemas. Anak yang tidak mau makan apalagi secara terus-menerus bisa mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Ini mengingat jika anak tak mau makan, nutrisi yang masuk ke tubuhnya juga akan berkurang. 

Lantas bagaimana caranya agar nafsu makan anak kembali meningkat? Melansir dari laman theasianparents.com, berikut beberapa cara untuk meningkatkan nafsu makan anak.

Jangan Memaksa Anak

Saat anak tak mau makan, jangan memaksa anak untuk makan. Memaksa anak hanya akan membuat anak semakin susah makan. Memaksa anak makan hanya akan membuatnya semakin malas, menghindar dan takut makan. Agar anak mau makan, bujuklah anak dengan lembut. Usahakan untuk ciptakan suasana makan yang menyenangkan.

Beri Makanan yang Bervariasi

Berikan anak makanan yang bervariasi. Memberikan makanan anak yang sama setiap hari hanya akan membuatnya bosan. Sebaiknya sajikan makanan dengan sajian yang juga menarik dan disukai oleh anak.

Terapkan Jadwal Rutin Setiap Harinya

Usahakan untuk menerapkan jadwal makan yang rutin ke anak. Beri anak makan di jam yang sama setiap harinya. Ini akan membantu anak memiliki pola makan yang teratur setiap harinya. Hal ini tak hanya baik untuk meningkatkan nafsu makan anak tetapi juga membiasakan anak memiliki pola makan yang baik saat anak dewasa.

Berikan Porsi Makan Kecil dan Sering

Berikan anak porsi makan yang kecil tapi sering. Dengan memberikan anak porsi makan yang kecil, ini akan membuat anak tidak cepat kenyang. Anak yang diberikan makan porsi kecil juga akan lebih riang saat makan karena ia tak mudah bosan.

Hindari Memberi Minum Banyak Saat Anak Makan

Hindari memberikan minum dalam jumlah banyak ke anak saat ia makan. Memberi anak minum saat makan hanya akan membuatnya merasa cepat kenyang meski ia hanya makan sedikit. Beri sedikit minum saat anak hendak mulai makan. Beri lagi minum saat anak selesai makan. 

Itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nafsu makan anak. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading