Sukses

Parenting

5 Penyebab Anak Sering Sakit yang Penting Mom Ketahui

Fimela.com, Jakarta Mendapati buah hati sakit membuat orangtua merasa cemas, khawatir dan bertanya-tanya kenapa anak sakit. Apalagi jika sakit anak terjadi di waktu yang sangat sering atau lebih sering dari anak-anak seusianya. Tak hanya cemas dan khawatir, mendapati anak sakit juga membuat orangtua sedih dan seolah ikut merasakan sakit yang dialami anak. 

Mengenai anak sakit apalagi yang terlalu sering, mengutip dari laman theasianparent.com ada beberapa penyebab umum kenapa anak sering sakit. Penyebab tersebut antara lain sebagai berikut.

Anak Kurang Beraktivitas atau Bermain

Baru-baru ini penelitian menemukan jika anak-anak usia 5 - 11 tahun yang gemar bermain dan beraktivitas di luar rumah memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dibandingkan anak yang hanya bermain di dalam rumah apalagi anak-anak yang bermain gadget. Penelitian menemukan jika salah satu penyebab anak sering sakit adalah karena kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan anak. Orangtua yang jarang mendampingi anak bermain juga membuat anak rentan sakit, stres bahkan depresi.

Kurangnya Asupan Probiotik

Penyebab anak sering selanjutnya adalah kurangnya asupan probiotik pada diri anak. Semakin baik bakteri baik di usus anak yang didapat dari asupan probiotik bisa membuat daya tahan tubuh anak semakin baik. Asupan probiotik yang disarankan untuk dikonsumsi anak adalah tempe, yogurt dan sayuran fermentasi.

Anak Kurang Istirahat

Anak yang terlalu aktif dan terlalu sering beraktivitas hingga kurang tidur juga rentan terhadap berbagai penyakit. Anak-anak yang kurang tidur atau kurang istirahat bisa rentan tertular bakteri, virus dan berbagai penyakit. 

Kebersihan Kurang Terjaga

Ketika lingkungan rumah atau tempat tinggal anak kurang terjaga, alat makan dan segala hal di sekitar anak kebersihannya kurang terjaga, ini juga rentan membuat anak sakit. Usahakan agar anak menjaga kebersihan diri dan sekitarnya dengan baik dengan mengajarinya mencuci tangan dan cebok dengan benar.

Punya Riwayat Penyakit Kronis

Anak yang memiliki riwayat penyakit kronis juga rentan sakit. Adanya riwayat penyakit kronis bisa membuat penyakit itu sewaktu-waktu kambuh dan membuat anak sering sakit selama tumbuh kembangnya. 

Itulah beberapa penyebab yang membuat anak sering sakit atau rentan sakit. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk Mom, usahakan untuk menjaga kesehatan keluarga terutama kesehatan anak dengan lebih baik lagi. Hal ini mengingat jika daya tahan tubuh anak masih sangat rentan apalagi untuk anak-anak di bawah usia lima tahun. 

Untuk menghindarkan anak dari segala penyakit, usahakan memberinya asupan nutrisi terbaik untuk tubuhnya. Usahakan juga untuk menjauhkan anak dari orang-orang yang rentan sakit apalagi mereka yang sakit jenis penyakit menular. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading