Sukses

Parenting

Karena Tumbuh Kembang Anak Tak Sama, Stop Shaming dan Membandingkannya

Fimela.com, Jakarta Setiap anak pada dasarnya memiliki tumbuh kembang masing-masing. Ada anak-anak yang umur satu tahun sudah bisa berjalan, ada pula yang umur satu tahun tapi masih merangkak. Ada anak-anak yang berusia masih sangat belia tapi sudah mengerti dan memahami dengan baik setiap perkataan orangtuanya, ada pula anak-anak yang hanya fokus pada dirinya sendiri. 

Karena tumbuh kembang anak tak sama, pastikan untuk tidak merendahkan, mencela bahkan menuntut anak untuk sama seperti anak-anak lainnya. Setiap anak memiliki karakter dan kecerdasan masing-masing. Setiap anak juga memiliki keunikan atas dirinya sendiri.

Sikap Orang Lain Berpengaruh Besar Terhadap Mental Anak

Sikap orang lain atas anak sangat berpengaruh pada anak. Anak yang sering mendapat celaan dan dibanding-bandingkan bisa saja merasa minder, kurang percaya diri dan tidak puas dengan apa yang ada dalam dirinya. 

Mengutip dari laman parents.com, anak-anak dengan lingkungan dan orang-orang yang toxic di sekitarnya sangat rentan mengalami masalah mental. Anak-anak ini juga cenderung berisiko stres bahkan depresi. Penting bagi orangtua dan orang-orang di sekitar anak untuk senantiasa memberi dukungan atas apa yang dilakukan anak selama itu tidak berisiko buruk untuknya maupun untuk orang. 

Anak yang Mendapat Dukungan Akan Lebih Bahagia dan Cerdas

Anak-anak yang senantiasa mendapat dukungan dari orang-orang terdekatnya akan merasa lebih bahagia. Anak-anak ini juga akan merasa lebih tenang, nyaman dan berpikir dengan lebih cerdas. Penelitian menemukan jika anak yang senantiasa merasa nyaman karena orang-orang di dekatnya memberi dukungan penuh, perhatian dan nasehat yang bijak untuknya akan terbentuk sebagai anak yang kreatif dengan karakter yang mengesankan. 

Karena pertumbuhan dan perkembangan anak tidaklah sama, pantang bagi kita sebagai orangtua untuk mencela dan merendahkan anak. Pantang juga bagi kita melakukan shaming terhadap dirinya. Ini sangat berpengaruh buruk terhadap mental maupun karakter anak ke depannya. 

Perlu kita tahu, pertumbuhan dan perkembangan anak memiliki keunikan masing-masing. Setiap anak juga pasti memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing yang mana kita tak perlu membandingkan apalagi merendahkan serta mencelanya.

Yuk Mom, saling sayang dan mendukung buah hati bagaimanapun kondisinya. Dukungan dan semangat kita untuknya sangat berpengaruh besar terhadap mental dan rasa percaya dirinya ke depannya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading