Sukses

Parenting

Menurut Psikolog, Ini 3 Tahap Usia Anak dan Cara Bermain Mereka

Fimela.com, Jakarta Bermain adalah aktifitas yang menyenangkan untuk anak. Namun, tahukah jika pada usia tertentu anak belum bisa diajak bermain? Mereka masih belum mengerti cara bermain dan hanya bisa memperhatikan sekitar.

Bagi orang tua yang senang mengajak anaknya play date atau bermain bersama anak seumurannya, informasi ini penting untuk diketahui supaya orang tua paham cara anak bermain berdasarkan usianya.

1. 0-2 Tahun

Saat baru lahir sampai usia dua tahun, anak hanya bisa duduk bersebelahan dengan temannya tapi belum bisa bermain bersama. Anak-anak yang masih kecil ini lebih suka memperhatikan anak-anak yang lebih besar saat sedang bermain. Kalau pun ikut bermain, mereka sekedar ikut-ikutan saja tanpa tahu cara bermainnya.

2. 2-3 Tahun

Usia dua sampai tiga tahun anak sudah mulai bisa berteman. Tapi, sering kali anak lebih fokus dengan mainan yang sedang dimainkan oleh anak lain. Itulah kenapa anak usia dua sampai tiga tahun sering sekali berebut mainan.

3. 3+ Tahun

Anak usia tiga tahun keatas selain sudah mengerti cara bermain dan berteman, mereka di usia ini sedang senang-senangnya main berkelompok. Tapi, kemampuan berbagi masih belum terasah karena kemampuan ini berkembang seiring dengan usia anak.

Nah, itu tadi tiga tahap usia anak dan cara bermain mereka. Jangan lupa menemani dan mengawasi anak saat bermain. Terus asah kemampuan bermain anak sesuai dengan usianya, ya.

Ditulis oleh: Aulia Oktafia Mahmudah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading