Apa Itu Anak Cerdas Istimewa? Kenali Ciri-cirinya Sejak Dini

Mimi Rohmitriasih19 Agu 2022, 12:45 WIB
Diperbarui 19 Agu 2022, 12:45 WIB
anak cerdas

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua pasti bangga dan bahagia ketika memiliki buah hati yang cerdas. Orangtua juga akan semakin bangga ketika buah hatinya tak hanya cerdas tetapi juga istimewa. Meski kecerdasan bukan jaminan anak sukses di masa depan, penelitian menemukan jika anak yang cerdas hampir 60% mendapatkan kesuksesan yang baik di masa depan. Anak yang cerdas juga kreatif bahkan bisa menjadi seseorang yang berpengaruh di lingkungan maupun di tempat tertentu. 

Mengenai anak yang cerdas, biasanya ini bisa dilihat sejak anak masih berusia dini. Mengutip dari laman parents.com, para ahli mengungkapkan jika anak cerdas umumnya memiliki tumbuh kembang yang lebih cepat dari anak-anak seusianya. Anak yang cerdas juga memiliki daya tarik serta keistimewaan tersendiri dalam dirinya. Untuk anak cerdas, pernahkah Mom mendengar istilah anak cerdas istimewa atau gifted children?

Mengenal Anak Cerdas Istimewa

anak cerdas
Ilustrasi anak cerdas/copyright shutterstock.com/Teerawat Anothaistaporn

Anak cerdas istimewa atau gifted children merupakan anak-anak dengan kecerdasan yang mengagumkan. Anak-anak ini juga memiliki kemampuan tinggi di bidang tertentu. Penelitian menemukan jika anak cerdas adalah anak yang memiliki kemampuan atau bakat luar biasa pada salah satu atau dua bidang intelegensia. Bidang tersebut antaranya adalah intelegensia bahasa, logis matematika, spasial, musikal, somatokinetik, interpersonal dan naturalism. 

Menurut national association for gifted children, anak yang cerdas istimewa juga memiliki kemampuan IQ (Wechelrer Intelligence Score) dalam rentang 130 hingga 180. Para ahli mengungkapkan jika kecerdasan pada anak ini bisa dilihat sejak anak masih berusia bayi. Anak-anak ini umumnya lebih aktif, siaga dan energik jika dibandingkan dengan anak-anak seusianya. 

Ciri-ciri Anak Cerdas Istimewa

Senang berargumentasi
Ilustrasi Kecerdasan Anak Credit: pexels.com/mart

Ada beberapa ciri atau tanda yang bisa dilihat dari anak cerdas istimewa bahkan sejak anak tersebut berusia masih bayi. Beberapa ciri dari anak yang memiliki kecerdasan dan kemampuan istimewa tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Memiliki kemampuan yang baik dalam berbahasa atau berbicara. Biasanya anak ini memiliki perilaku berbicara yang banyak. Anak ini juga bisa dengan mudah mengutarakan apa yang ada dalam pikirannya. 
  2. Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan yang besar terhadap banyak hal terutama terhadap pengetahuan baru. 
  3. Anak cerdas istimewa biasanya memiliki kemampuan berpikir yang cepat, logis dan kritis. 
  4. Anak ini lebih suka belajar mandiri dibandingkan belajar bersama teman-temannya. Ia lebih nyaman belajar mandiri daripada belajar kelompok. 
  5. Saat meghadapi kesulitan, anak ini tidak mudah putus asa. Anak ini akan berpikir bagaimana menyelesaikan setiap kesulitan atau masalah yang sedang dihadapi. 
  6. Memiliki kemampuan mengingat yang baik. 
  7. Daya imajinasi anak cerdas istimewa umumnya tinggi. 
  8. Memiliki tujuan dan minat yang jelas akan suatu hal. Ia juga suka mendalami hal yang disukainya.
  9. Anak cerdas istimewa umumnya memiliki tingkat konsentrasi atau fokus yang tinggi. Meski begitu, ia juga memiliki selera humor yang baik.
  10. Beberapa anak yang cerdas mudah bosan dengan hal-hal yang dinilainya kurang menarik, kurang bermanfaat dan hanya membuang-buang waktu luangnya. Anak ini tidak suka berada dalam situasi yang dinilai kurang memberi manfaat untuk dirinya pun orang lain di sekitarnya. 

Itulah beberapa ciri anak cerdas istimewa. Semoga informasi ini bermanfaat. Mari Mom, kenali kecerdasan buah hati sejak dini dan lakukan stimulasi terbaik untuk mendukung dan meningkatkan kecerdasan tersebut.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓