Sukses

Parenting

5 Cara Menambah Nafsu Makan Anak dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Setiap orang tua pasti merasa bingung saat menghadapi anak yang tidak nafsu makan. Apalagi jika hal tersebut terjadi secara terus menerus. Jangan sampai masalah ini bisa menghambat perkembangan anak berusia 6-9 tahun.

Ada berbagai penyebab yang bisa membuat nafsu makan anak cenderung menurun. Mulai dari masalah kesehatan yang kurang dipahami, pengaruh obat, stres, hingga depresi. Sebagai orang tua tentunya harus selalu paham dengan kondisi anak. oleh karena itu, pahami dulu penyebabnya kemudian cari solusinya.

Lantas, bagaimana cara menambah nafsu makan anak? simak penjelasan ini sampai akhir ya.

1. Hindari memaksa anak

Hindari memaksa sang buah hati untuk makan. Hal tersebut bisa saja membuat nafsu makan anak semakin menurun karena menghindar dan malas. Jadi, alangkah baiknya dengan cara membujuk anak pakai cara yang lembut.

2. Buat menu makan yang unik dan menarik

Jangan membuat menu makanan yang sama secara berulang dan terus menerus. Karena bisa saja anak merasa bosan. Buatlah menu makanan sehat yang unik dan menarik, misalnya berbentuk karakter kesukaan anak dengan lauk bervariasi. Lagipula, semakin bervariasi bahan makanan yang digunakan, maka semakin bernutrisi makanan anak.

3. Berikan camilan sehat dan lezat

Jika takut anak hanya makan sedikit, maka sahabat fimela bisa mengakalinya dengan memberikan berbagai camilan sehat dan lezat. Menurut Kids Health, camilan dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak selain dari menu makanan utama.

Nah, agar bisa menjamin camilan itu sehat, maka lebih baik membuatnya sendiri di rumah. Sebagai contoh, buatlah puding atau sandwich dengan bahan dasar buat atau makanan sehat lainnya.

4. Cegah anak minum terlalu banyak saat makan

Tak jarang anak-anak suka minum terlalu banyak saat makan. Hal ini bisa membuatnya kembung dan akhirnya menurunkan nafsu makan. Jadi, sebaiknya cegah anak minum terlalu banyak saat makan. Batasi air minumnya, misalnya hanya 1 gelas untuk satu kali makan.

Setelah makan, barulah berikan minum tambahan. Hindari juga memberi anak minuman rasa manis karena dapat membuatnya semakin kembung.

5. Pastikan makanannya penuh nutrisi

Sebagai orang tua haruslah memastikan makanan yang dikonsumsi anak penuh dengan nutrisi. Tentu saja arena mineral dan vitamin anak juga bisa membuat nafsu makannya bertambah. Contohnya, daging sapi, daging ayam, ikan, dan sayuran hijau yang mengandung zink.

Nah, itu dia 5 cara menambah nafsu makan anak dengan mudah. Semoga bermanfaat!

 

Penulis: Nur Faizah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading