Sukses

Parenting

5 Cara Agar Bayi Cepat Tidur Nyenyak di Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Memiliki buah hati yang masih bayi akan menjadi tantangan dan pengalaman tersendiri buat setiap orangtua apalagi buat orangtua yang masih punya bayi untuk pertama kali. Tidak jarang bayi akan kesulitan tidur di malam hari. Alhasil, orangtua terpaksa harus begadang demi menjaga dan memantau bayi. 

Lantas, bagaimana caranya agar bayi cepat tidur nyenyak di malam hari? Mengutip dari laman parents.com, berikut beberapa cara mudah yang bisa Mom dan ayah lakukan agar bayi tertidur dengan nyenyak serta nyaman di malam hari.

Ciptakan Suasana yang Tenang

Pastikan untuk menciptakan suasana yang tenang di malam hari. Suasana yang tenang akan membantu bayi tidur lebih cepat dan nyenyak. Saat bayi tidur, usahakan untuk ikut tidur atau istirahat. Biasanya bayi akan tidur nyenyak jika orang-orang di sekitarnya ikut tidur nyenyak dan tenang.

Segera Baringkan Bayi Ketika Tidur

Ketika mendapati bayi tidur, segera baringkan tubuhnya di tempat tidur. Usahakan untuk segera menidurkan bayi di tempat tidur. Membiasakan bayi tidur di tempat tidur atau selain di gendongan akan membuat bayi terbiasa tidur di tempat tidur. Bayi juga akan merasa lebih nyaman serta tenang ketika tidur di tempat tidur. 

Lakukan Rutinitas yang Membuat Bayi Mengantuk

Lakukan rutinitas yang membuat bayi mengantuk. Misalnya adalah dengan memandikan bayi dan mengganti bajunya agar tubuh bayi terasa bersih serta nyaman, meredupkan lampu sambil menyusui bayi, menyanyikan lagu pengantar tidur atau membaca buku yang membuat bayi mengantuk. Rutinitas ini akan membantu bayi bahkan anak-anak cepat tidur. 

Biasakan Bayi Tidur Siang

Biasakan bayi untuk tidur siang. Pastikan agar bayi tidur di siang hari secukupnya. Jangan mengizinkan bayi tidur menjelang waktu maghrib atau tidur terlalu awal. Ini akan meningkatkan risiko bayi terbangun saat malam dan kesulitan tidur. 

 

Perkenalkan Waktu Tidur di Siang Hari dan di Malam Hari

Perkenalkan dengan baik waktu tidur pada anak. Perkenalkan anak dengan waktu tidur di siang hari dan waktu tidur di malam hari. Dengan mengenal waktu tidur ini akan membantu anak tidur sesuai waktunya dengan tepat dan cepat. 

Itulah beberapa cara mudah agar bayi cepat tidur nyenyak di malam hari. Semoga cara ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading