Sukses

Parenting

5 Manfaat Mengajak Anak Mengerjakan Tugas Rumah

Fimela.com, Jakarta Pekerjaan rumah bukan hanya tugas seorang ibu saja, melainkan setiap anggota keluarga, termasuk anak-anak. Namun, tak jarang orang tua memanjakan anak dan tidak pernah mengajarkannya. Padahal, memberikan anak tugas rumah sejak dini memiliki beberapa manfaat.

Apa saja manfaatnya? Yuk, langsung saja simak beberapa diantaranya yang telah dirangkum dari berbagai sumber di bawah ini.

1. Mengajarkan tanggung jawab

Memberikan anak tugas rumah sama halnya mengajarkan mereka betapa pentingnya menyelesaikan pekerjaan tersebut hingga akhir. Hal tersebut menandakan bahwa kamu telah mengajarkan tanggung jawab pada mereka.

Ini akan berguna seiring bertambahnya usia anak, ketika mereka akan memiliki lebih banyak tanggung jawab di sekolah dan rumah.

Mulailah dengan memberikan tugas-tugas kecil di sekitar rumah, seperti ketika melihat sampai ia harus membuangnya pada tempat sampah, merapikan tempat tidur, atau juga bisa merapikan mainannya sendiri.

2. Memahami cara kebersihan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kamu bisa memberikan anak tugas membersihkan sampah atau membereskan mainannya sendiri. Hal tersebut juga secara tidak langsung mengajarkan bahwa kebersihan dan kerapian itu penting.

Cara lainnya juga bisa dengan mengambil dan mengembalikan barang sendiri secara teratur adalah hal yang baik dan akan sangat bermanfaat baginya hingga dewasa kelak.

3. Bisa meningkatkan nilai kerja sama tim

Membiarkan anak ikut campur dalam melakukan tugas rumah dapat memberinya rasa menjadi bagian “tim” dari rumah tangga. Dengan begitu, kamu bisa mengajarkan pentingnya bekerja sama antar keluarga untuk tugas masing-masing.

Ketika anak kecil memahami peran tersebut, ia juga akan membentuk pemahaman pentingnya kerjasama untuk menyelesaikan sebuah tugas. Sementara itu, kamu juga bisa menjelaskan bahwa ia juga harus menghargai pekerjaan anggota keluarga lainnya.

4. Membentuk sebuah kebiasaan

Memberikan anak tugas rumah sejak dini bisa membentuk sebuah kebiasaan yang akan ia bawa hingga remaja dan seterusnya. Kebiasaan tersebut juga bisa ia manfaatkan ketika akan membantu orang lain. Minimal sang anak tahu harus melakukan apa dan tidak mengacaukan pekerjaan orang lain.

5. Membuat anak merasa dihargai

Jika mengajak sang anak untuk melakukan pekerjaan secara bersama-sama, ia pun akan merasa dihargai untuk itu. Apalagi jika memberikan pujian atau apresiasi ketika berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik.

Namun perlu dingat bahwa berikanlah pekerjaan yang ringan” saja atau sesuai umur si kecil. Nah, itu dia beberapa manfaat memberikan anak tugas rumah. Semoga bermanfaat!

 

Penulis: Nur Faizah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading