Mengalami Baby Blues? Ini 5 Cara untuk Menanganinya

Fimela Reporter26 Sep 2022, 19:45 WIB
Diperbarui 26 Sep 2022, 19:45 WIB
Baby blues

Fimela.com, Jakarta Memiliki bayi adalah hal menyenangkan sekaligus menantang untuk mom dan pasangan. Mungkin bagi mom membawa pulang bayi setelah melahirkan malah menimbulkan stres, kelelahan, dan rasa sakit di saat harus mengatasi serangkaian hormon pasca persalinan yang membuat mood swing. Sangat normal bila mom merasa lelah saat merawat bayi.

Rasa sedih, stres, dan cemas yang mom rasakan pasca melahirkan disebut baby blues. Dilansir dari Health Line, 80% ibu setelah melahirkan mengalami baby blues yang biasanya menyerang beberapa hari setelah melahirkan. Setelah melahirkan, tubuh akan mengalami fluktuasi hormonal ekstrim untuk menyusutkan rahim, memulihkan kondisi tubuh, dan meningkatkan laktasi. Hal ini lah yang mempengaruhi kondisi pikiran mom pasca melahirkan.

Gejala baby blues antara lain mood swing, merasa tidak terikat dengan bayi, cemas, dan lain sebagainya. Ada beberapa cara untuk membantu mom beradaptasi demi menangani baby blues, antara lain:

1. Tidur Cukup

Bayi Tidur
Mengalami Baby Blues? Ini 5 Cara Untuk Menanganinya/copyright shutterstock.com

Konon, fase pasca persalinan itu sulit. Maka dari itu penting untuk mom menjaga diri sebaik mungkin. Istirahatlah setiap ada waktu, seperti saat bayi tidur, malam hari, atau saat bergantian dengan pasangan untuk menjaga si kecil. Rumah yang berantakan bisa dibereskan kapan pun, namun beristirahat ditengah tanggung jawab menjaga bayi adalah hadiah dikala lelah. Utamakan kesehatan mom agar merawat bayi terasa lebih nyaman.

2. Makan dengan Baik dan Luangkan Waktu untuk Keluar

Ilustrasi makanan bergizi
Mengalami Baby Blues? Ini 5 Cara Untuk Menanganinya (Sumber: Istockphoto)

Makanan bergizi sangat baik untuk kesehatan tubuh mom yang berpengaruh pada produksi ASI. Konsumsi makanan sehat dan luangkan waktu untuk keluar rumah. Tak perlu jauh, mom bisa berjalan di sekitar rumah untuk menikmati udara segar. Cara ini sederhana namun efektif untuk mengurangi stres.

3. Mengingat Hal Berharga

bayi dan ibu
Mengalami Baby Blues? Ini 5 Cara Untuk Menanganinya/copyright shutterstock.com/Ground Picture

Kehidupan ibu baru berubah begitu cepat. Saat harus beradaptasi dengan kondisi tubuh pasca persalinan, mom juga harus tetap merawat si kecil yang kadang memberi tantangan. Saat sedang merasa stres atau sedih, luangkan waktu untuk berpikir sejenak. Atur pernapasan dan pikirkan hal apa saja yang berharga untuk mom. Bayi? Pasangan? Keluarga? Dengan memikirkan hal yang berharga dipercaya mampu menumbuhkan semangat.

4. Bangun Ikatan dengan Pasangan

bonding dengan pasangan
Mengalami Baby Blues? Ini 5 Cara Untuk Menanganinya/1112000/Shutterstock

Saat merasa kesulitan, bicarakan hal tersebut dengan pasangan. Jalin komunikasi yang baik agar mom dan pasangan saling terbuka akan hal yang dilalui. Membereskan rumah bersama, menemani si kecil saat sedang tertidur, atau hal lain yang dilakukan bersama membantu mom dan pasangan merasa terhubung dan saling mendukung.

5. Lakukan Sesuatu yang Disukai

me time
Mengalami Baby Blues? Ini 5 Cara Untuk Menanganinya/copyright shutterstock

Bila mom suka mendengarkan musik, menonton film, atau bernyanyi mom bisa lakukan sambil menjaga bayi. Sediakan waktu untuk melakukan hal yang mom sukai agar perasaan terasa lebih baik. Energi positif biasanya timbul saat kita menikmati suatu kegiatan, termasuk melakukan hobby. Tak perlu waktu banyak, asal dapat menikmatinya sebentar mungkin akan membantu mom lebih menikmati momen menjadi ibu baru.

Menjadi ibu adalah pekerjaan berharga yang mungkin diimpikan setiap perempuan. Baik mom maupun si kecil, kalian sama-sama berharga.

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela