5 Obat Demam Anak 1 Tahun

Anisha Saktian Putri03 Okt 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 16:00 WIB
Obat Demam Anak 1 Tahun

Fimela.com, Jakarta Demam menjadi masalah kesehatan yang umum terjadi pada anak-anak. Jika sudah terjadi hal ini tentu orangtua pun khawatir hingga panik melihat angka termometer yang melebihi 36 derajat pada si kecil. 

Biasanya, saat demam anak pun lebih rewel hingga menolak untuk anak makan dan minum. Apalagi saat si kecil baru berusia 1 tahun yang membuatnya lebih sulit untuk mengungkapkan apa yang dirasakan.

Meski panik dan cemas ketika anak demam, orang tua tetap harus memberikan pengobatan dini untuk menurunkan demam di tubuhnya. Jika belum saja turun maksimal tiga hari, baiknya langsung membawa anak ke dokter. 

Nah berikut ini, beberap obat penurunan demam yang bisa dicoba untuk anak 1 tahun.

Sanmol

Sanmol
Sanmol, credit: Halodoc

SANMOL DROPS merupakan obat dengan kandungan Paracetamol yang memiliki aktvitas sebagai analgetik dan antipiretik. Dengan demikian, maka obat ini dapat digunakan untuk meredakan nyeri seperti sakit kepala dan sakit gigi, serta demam.

Dosis anak 1-2 tahun: 0.6 - 1.2 ml, diberikan 3 - 4 kali sehari.

Tempra drops

Tempra drops
Tempra drops, credit: Apotek Online k24

TEMPRA DROPS merupakan obat tetes oral untuk anak usia 0-2 tahun dengan kandungan Paracetamol. Paracetamol bekerja sebagai antipiretik pada pusat pengaturan suhu di otak dan analgetika dengan meningkatkan ambang rasa sakit. Obat ini digunakan untuk menurunkan demam, rasa sakit dan nyeri ringan seperti sakit kepala dan sakit gigi.

Dosis: bila perlu 1 dosis setiap 4 jam, namun tidak lebih dari 5 kali sehari. 10-24 bulan: 1,2 ml.

Proris Suspensi Ibuprofen

Proris Suspensi Ibuprofen
Proris Suspensi Ibuprofen, credit: Lifepack

Kandungan Ibuprofen dalam Proris Suspensi bekerja lebih cepat dalam menurunkan demam dibanding paracetamol dan asetosal (dapat menurunkan demam setelah +30 menit pemberian), tidak memperberat kerja hati

Dosis anak usia 1-2 tahun adalah sehari 3-4 kali 50 mg.

Termorex Paracetamol

Termorex Paracetamol
Termorex Paracetamol, credit: Halodoc

Obat ini tersedia  sirup tanpa alkohol dengan rasa jeruk manis yang disukai anak-anak. Membantu meredakan panas dan demam pada bayi dan anak-anak seperti setelah imunisasi, sakit kepala dan sakit gigi.

Dosis anak usia 1-2 tahun adalah 1 sendok takar. 

Mirasic Sirup Paracetamol

Mirasic Sirup Paracetamol
Mirasic Sirup Paracetamol, credit: Halodoc

Mirasic Sirup Paracetamol dapat membantu mengatasi demam anak setelah imuniasi, maupun sakit kepala, sakit gigi, dan kondisi lainnya.

Dosis pemberian bayi yang usianya kurang dari 1 tahun yakni sebanyak 2,5 ml untuk 3-4 kali dalam sehari. 

#women for women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela