Sukses

Parenting

8 Tanda Anak Cerdas yang Bisa Dilihat Sejak Usianya Masih Bayi

Fimela.com, Jakarta Orang tua mana yang tak bangga dan bahagia ketika memiliki anak dengan kecerdasan di atas rata-rata? Setiap orang tua pasti bangga akan hal ini. Anak cerdas tak hanya membanggakan tetapi juga meningkatkan rasa percaya diri orang tua maupun rasa percaya diri anak itu sendiri. Beberapa penelitian menemukan jika anak yang cerdas juga memiliki peluang kesuksesan yang lebih baik di masa depan. 

Mengenai anak yang cerdas, setiap anak pada dasarnya memiliki kecerdasan masing-masing dalam dirinya. Setiap anak juga memiliki bakat dan keistimewaan masing-masing yang bisa dilihat sejak ia masih bayi. Mengutip dari laman theasianparents.com, ada beberapa tanda yang bisa dilihat dari anak sejak ia masih bayi ketika ia memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Berikut beberapa tanda tersebut:

Memiliki Daya Ingat Kuat

Anak yang cerdas ditandai dengan daya ingatnya yang kuat. Ia bisa mengingat di mana Mom menyimpan mainan, mengingat mainan yang ia sukai dan orang yang pernah ia temui. Ketika anak memiliki kemampuan mengingat yang baik, ini menandakan bahwa ia adalah anak yang cukup cerdas dan unggul. 

Anak Aktif

Anak yang cerdas juga ditandai dengan dirinya yang aktif. Anak ini seolah tidak pernah kehabisan energi untuk bermain atau beraktivitas. Anak yang cerdas dan aktif ini biasanya juga lebih fokus, mampu menyelesaikan masalah dengan baik dan kreatif. Anak ini juga bisa mengelola emosinya dengan baik. 

Memiliki Konsentrasi yang Baik

Anak cerdas biasanya juga memiliki konsentrasi yang baik. Anak ini tidak akan mudah terpengaruh oleh hal-hal di sekitarnya saat ia fokus atau berkonsentrasi pada hal tertentu. Selain memiliki konsentrasi yang baik, anak cerdas juga ditandai dengan kebiasaannya yang suka merenung untuk menyelesaikan suatu masalah.

Detail dan Teliti

Ketika anak lebih detail, teliti dan memperhatikan hal sekecil apapun di sekitarnya, itu menandakan bahwa ia adalah anak cerdas. Para ahli percaya jika anak yang cerdas melihat segala sesuatu secara detail untuk mengatahui cara kerja dan spesifikasi sesuatu tersebut.

Banyak Bicara atau Suka Mengoceh

Anak yang cerdas juga ditandai dengan sikapnya yang suka mengoceh atau banyak bicara. Anak ini juga sering terdengar menyanyi atau mengoceh sambil beraktivitas. Beberapa anak yang cerdas juga memiliki kosa kata yang lebih banyak dibandingkan dengan anak-anak normal lainnya. 

Anak Susah Tidur

Penelitian menemukan jika anak yang cerdas biasanya susah tidur. Ini karena ia memikirkan banyak hal di otaknya sehingga membuatnya sulit untuk tidur atau istirahat. Selain susah tidur, anak yang cerdas juga cenderung peka terhadap suara di sekitarnya dan membuatnya rentan terbangun saat tidur.

Berkarakter Kuat dan Memiliki Selera Humor yang Baik

Ketika Mom memiliki anak dengan karakter kuat dan selera humor baik, mudah bersosialisasi dengan orang lain, ceria dan membuat orang lain betah bercengkerama dengannya, ini sebagai salah satu tanda anak Mom cerdas serta istimewa.

Memiliki Bakat dan Minat Tertentu Sejak Dini

Anak cerdas biasanya juga memiliki bakat dan minat tertentu sejak ia masih bayi atau usianya sedini mungkin. Ini mengingat otak kanan dan kiri anak bekerja secara seimbang. Anak yang sudah mahir menulis, membaca, melukis, mewarnai, menyanyi atau bermain musik sejak sedini mungkin, besar kemungkinan ia memiliki kecerdasan di atas rata-rata. 

Itulah beberapa tanda yang menunjukkan anak cerdas bahkan sejak ia masih bayi. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading