Sukses

Parenting

7 Obat Alami untuk Mengatasi Batuk Pilek pada Anak

Fimela.com, Jakarta Batuk dan pilek menjadi salah satu masalah kesehatan yang begitu kerap menghampiri terutama anak-anak. Apalagi di musim pancaroba seperti sekarang ini. Menurunnya daya tahan tubuh membuat anak-anak semakin mudah terserang batuk dan pilek. Dan saat mendapati anak batuk pilek, setiap orang tua pasti merasa cemas, khawatir dan sedih. 

Saat mendapati buah hati batuk pilek, usahakan untuk tetap tenang dan tak terlalu panik Mom. Coba berbagai tips untuk meredakan batuk pilek pada anak salah satunya dengan memanfaatkan beberapa bahan alami. Mengutip dari laman parents.com, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk obat alami untuk mengatasi batuk pilek anak. Apa saja bahan alami tersebut?

Air Garam

Bahan alami untuk obat batuk pilek anak adalah air garam. Aduk rata satu sendok teh garam beryodium dengan satu gelas air hangat, kemudian minta anak untuk minum larutan ini. Minum air garam secara rutin setidaknya satu kali dalam sehari bisa meringankan sakit tenggorokan karena batuk dan pilek.

Madu

Madu juga dipercaya bisa bermanfaat sebagai obat batuk alami. Cara memanfaatkan madu cukup mudah. Mom bisa meminta anak minum satu sendok madu secara langsung atau melarutkan madu dengan setengah gelas air hangat.

Sup Ayam

Sup ayam juga bermanfaat meredakan batuk serta pilek anak. Sup ayam memiliki segudang manfaat serta nutrisi untuk tubuh anak. Selain meredakan batuk, sup ayam bermanfaat memenuhi kebutuhan kalori dalam tubuh anak selama sakit.

Belimbing Wuluh

Obat alami untuk batuk pilek selanjutnya ada belimbing wuluh. Rebus belimbing wuluh dengan air mendidih kemudian minum air rebusan tersebut. Selain meredakan batuk pilek, rebusan belimbing wuluh juga bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh anak mengingat kandungan vitamin C di dalamnya cukup banyak.

Jahe

Selama ini jahe dikenal sebagai super food yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik pun psikis. Jahe juga bermanfaat sebagai obat batuk pilek alami anak. Caranya cukup mudah, rebus jahe bersama air mendidih kemudian minta anak untuk minum rebusan jahe tersebut saat air hangat suam-suam kuku.

Kencur

Sama seperti jahe, kencur juga memiliki manfaat untuk mengatasi batuk pilek anak. Haluskan kencur atau parut kencur kemudian minumkan ke anak. Campur kencur dengan madu untuk mendapatkan cita rasa yang lebih manis dan disukai anak-anak.

Kunyit

Kunyit juga menjadi bahan alami untuk obat batuk pilek anak. Mom bisa menyeduh kunyit bersama gula jawa atau campur bubuk kunyit dengan susu dan berikan ke anak. Minta anak minum minuman ini secara rutin satu sampai dua kali setiap harinya. 

Itulah beberapa bahan alami yang bermanfaat sebagai obat alami batuk pilek anak. Semoga informasi ini bermanfaat. Jika Mom mendapati buah hati batuk pilek, jangan ragu untuk meredakannya dengan bahan alami di atas. Namun, jika batuk pilek telah terjadi lebih dari tiga hari, segera periksakan kondisi kesehatan buah hati di klinik terdekat dan mintalah resep obatnya.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading