Sukses

Parenting

5 Tips agar Anak Rajin Belajar, Orang Tua Penting Tahu

Fimela.com, Jakarta Bagi beberapa anak, belajar mungkin menjadi aktivitas yang sangat membosankan. Saat orang tua meminta anak belajar, tidak sedikit dari mereka yang memiliki banyak alasan agar ia tak perlu belajar dan meneruskan aktivitasnya bermainnya. Padahal nih ya, setiap orang tua yang meminta anak belajar berharap bahwa sang anak bisa memiliki pengetahuan yang lebih luas dan menjadi anak yang lebih cerdas. 

Ketika Mom memiliki buah hati yang juga suka punya banyak alasan untuk tidak belajar, mengutip dari laman intrinsicscholars.com, ada beberapa tips yang bisa Mom terapkan agar buah hati semakin rajin dan semangat belajar. Apa saja tipsnya? Simak yang berikut ini.

Beri Anak Hadiah

Tips pertama yang bisa Mom coba agar anak rajin belajar adalah beri anak hadiah saat ia termasuk anak yang cerdas atau pintar di sekolah. Jangan ragu untuk menanyakan hadiah apa yang diminta anak saat ia berprestasi di sekolahnya. Memberikan hadiah akan membuat anak lebih semangat dan rajin belajar. Tapi ingat, hindari memberi hadiah secara terus menerus apalagi berlebihan ke anak karena ini justru bisa berefek negatif pada karakter dan kepribadian anak.

Buat Suasana Belajar Jadi Lebih Menyenangkan

Usahakan untuk membuat suasana belajar terasa menyenangkan. Hindari terlalu kasar saat menemani anak belajar. Buat anak senyaman mungkin saat ia belajar dan memahami segala sesuatu yang baru ia ketahui. Usahakan untuk lebih bersabar dalam menghadapi anak yang susah dalam belajarnya. Pahami juga jika setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

Ketahui Gaya Belajar Anak

Ketahui gaya belajar anak dengan baik dan benar. Ada beberapa anak yang mudah menangkap setiap pelajaran yang ia terima lewat pendengaran, setuhan, gerakan atau penglihatan. Ada anak yang akan menangkap pengetahuan baru dengan membaca, mendengar penjelasan dari guru atau Mom, mempraktekkan langsung atau aktif bergerak saat belajar. Dengan mengetahui gaya belajar anak, Mom bisa mengajak anak belajar sesuai gayanya.

Minta Anak untuk Bertanya

Mintalah anak untuk bertanya apapun yang ia belum tahu atau sesuatu yang ingin diketahui. Usahakan untuk menjawab setiap pertanyaan dengan sabar. Mom juga bisa mengajak anak untuk mencar tahu jawaban bersama-sama dengan search di internet atau bertanya langsung pada orang-orang yang memang ahli pada bidang yang ditanyakan anak.

Beri Anak Dukungan Penuh Apapun yang Terjadi

Pastikan untuk memberi dukungan penuh ke anak apapun yang terjadi. Baik ketika ia kurang bisa menangkap pelajaran atau menangkapnya dengan baik, jangan pernah menghakimi anak apalagi membanding-bandingkannya dengan anak lain. Beri dukungan penuh ke anak setiap hari. Namun ingat, jika ada yang tidak baik dengan sikap anak, jangan ragu untuk memberinya nasehat. 

Itulah beberapa tips sederhana agar anak rajin belajar. Selain tips di atas, agar anak rajin belajar Mom juga perlu membantu anak fokus pada setiap pembelajaran bukan nilainya, ajak anak berkomunikasi dengan baik setiap hari dan susun rencana belajar dengan baik bersama anak. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading