Wensen School Indonesia Ajak Anak-Anak Lebih Mengenal Beragam Profesi Pekerjaan

Vinsensia Dianawanti04 Okt 2022, 18:30 WIB
Diperbarui 04 Okt 2022, 18:30 WIB
Ilustrasi anak bermain, masa kecil

Fimela.com, Jakarta Ada banyak hal yang harus dikenalkan kepada anak-anak. Tidak hanya sekadar huruf dan angka, melainkan juga benda-benda tertentu hingga beragam profesi pekerjaan. Tujuannya untuk mengenalkan konsep cita-cita sejak dini pada anak.

Pasalnya, memiliki cita-cita sejak dini memiliki banyak manfaat. Selain mampu memberikan gambaran masa depan kepada anak, cita-cita juga dinilai bisa meningkatkan fokus dan motivasi yang tinggi pada buah hati. Cita-cita memiliki pengaruh yang kuat untuk kepribadian anak. Sebab, menginginkan suatu profesi pekerjaan dalam kehidupan, membuat anak mendapatkan model di kehidupan mendatang.

Anak berusia usia dini sangat terbatas mengenali berbagai macam profesi yang ada di sekitarnya. Maka dari itu, salah satu Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dan Taman Kanak-kanak, Wensen School Indonesia mengadakan field trip ke satu pusat bermain terbesar di Jakarta, yaitu Kidzania.

Seperti diketahui bersama, field trip merupakan kunjungan karyawisata, biasa diadakan sekolah yang dapat menunjang pengetahuan anak melalui pembelajaran di luar kelas dengan mendatangi beberapa destinasi yang telah ditentukan. Kegiatan field trip ini bukan hanya sekedar kegiatan di mana anak hanya asik bermain di luar lingkungan sekolah, namun anak tetap bisa diajak untuk belajar. 

 

Pentingnya mengenalkan profesi

Wensen School Indonesia Ajak Anak-Anak Lebih Mengenal Beragam Profesi Pekerjaan
Mengenalkan profesi pada anak-anak sejak dini bisa membuat anak kenali cita-cita masa depan (Wensen School Indonesia)

Namun kegiatan ini juga untuk anak belajar dunia luar yang lebih luas dan tentu saja dengan kegiatan ini mengajarkan anak untuk bersosialisasi dan belajar sabar.

“Field trip merupakan salah satu fasilitas kegiatan gratis bagi seluruh siswa Wensen School. Biasanya diadakan minimal setiap satu bulan sekali. Di sini kita bisa melihat langsung aktifitas anak-anak membaur dengan sekitarnya. Dan yang terpenting dari semua itu adalah anak-anak semakin mengenal profesi pekerjaan yang ada di kehidupan dewasa nanti,” terang Ketua Yayasan Wensen School Indonesia, Meita Irianty.

Selaku Kepala Sekolah dari Wensen School Indonesia, Thasya Anzania Maulana, S.Psi pun memaparkan alasan kenapa Wensen School Indonesia mengadakan field trip indoor kali ini.

"Sebelumnya kita mau memperkenalkan hewan-hewan seperti lebah. Sekarang kita memperkenalkan profesi, supaya mereka tahu mau menjadi apa kelak," kata Thasya.

 

Profesi yang dikenalkan

Wensen School Indonesia Ajak Anak-Anak Lebih Mengenal Beragam Profesi Pekerjaan
Mengenalkan profesi pada anak-anak sejak dini bisa membuat anak kenali cita-cita masa depan (Wensen School Indonesia)

Ada banyak jenis pekerjaan yang dikenalkan. Mulai dari dokter, polisi, apoteker, tukang membersihkan kaca, memasak dan masih banyak lagi. Terdapat lebih dari 50 profesi yang bisa dikenalkan pada anak. Bahkan, Thasya mengatakan kegiatan field trip ini sapat dapat memperkenalkan anak-anak soal profesi dan apa yang didapat dari profesi tersebut.

"Dari kegiatan ini memperkenalkan bahwa ini loh dunia pekerjaan, bekerja itu ada mendapatkan gaji, dia (para pekerja) bekerja mencari gaji. Gajinya buat jalan-jalan, ikut wahana world climbing berbayar, ngenali dunia pekerjaan," jelas Thasya.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela