Sukses

Parenting

Sabar dan Teliti, Kunci Penting Berkomunikasi dengan Anak Autisme

Fimela.com, Jakarta Sejauh ini, belum juga diketahui pasti apa yang menyebabkan anak memiliki risiko autisme. Anak autisme atau autism spectrum disorder (ASD), merupakan gangguan perkembangan anak dalam berkomunikasi dan berinteraksi sosial.

Gejala autisme pada anak bisa berupa gejala ringan hingga gejala berat. Gejala ini bahkan bisa diketahui sejak usia anak sedini mungkin. Mengutip dari laman theasianparents.com, gangguan autisme bisa ditunjukkan dengan gejala yang beragam. Gejala tersebut mulai dari menangis, marah, sedih dan tantrum tanpa alasan yang jelas. Anak autisme umumnya seolah memiliki dunia sendiri, senang menyendiri dan sulit merespon sapaan atau perintah dari orang lain. 

Mengenai anak autisme, setiap orang tua harus lebih sabar dan teliti saat merawat serta mengasuhnya. Kesabaran adalah poin penting untuk membantu anak autisme agar lebih mudah diajak berkomunikasi.

Tips Berkomunikasi dengan Anak Autisme

Memang, bukan perkara mudah untuk berkomunikasi dengan anak autisme. Meski tak mudah, bukan berarti hal ini adalah hal yang tak mungkin dilakukan. Dukungan, kesabaran dan ketelitian dari orang tua pun orang-orang sekitarnya memiliki peranan yang sangat penting. Lantas, bagaimana untuk berkomunikasi dengan lebih baik pada anak autisme? Simak yang berikut ini. 

  • Simak setiap perkataan anak dengan baik, sabar dan penuh pengertian. Biasakan berbicara ke anak secara singkat, padat dan jelas. Bicaralah dengan pelan-pelan saat bersama anak. 
  • Berikan waktu ke anak untuk memahami dan mengerti apa yang Mom katakan padanya, Beri jeda agar anak berpikir dan mengolah apa yang Mom instruksikan padanya. 
  • Tak apa mengiringi setiap perintah atau intruksi dengan gerak tubuh sederhana. Hal ini akan memudahkan anak memahami dan mengerti apa yang Mom katakan. 
  • Panggil anak selalu dengan namanya. Buat dia terbiasa mendengar namanya saat Mom memanggilnya. 
  • Perlakukan anak dengan penuh kesabaran. Kesabaran dan ketelatenan dari Mom perlahan akan membantu anak tumbuh serta berkembang lebih baik lagi meski ia memiliki keunikan tersendiri di banding anak-anak lain seusianya. 

Itulah beberapa tips sederhana namun penting untuk berkomunikasi dengan anak. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading