Sukses

Parenting

7 Tips Merawat Bayi Baru Lahir Agar Terhindar dari Penularan Penyakit

Fimela.com, Jakarta Merawat bayi baru lahir menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang tua. Apalagi untuk orang tua baru. Karena pada dasarnya, bayi baru lahir memerlukan perawatan yang terbaik. Ini mengingat ia masih sangat rentan terhadap berbagai risiko penyakit. 

Bayi yang baru lahir juga memerlukan perawatan ekstra dan perhatian penuh dari orang tua khususnya Mom. Mengutip dari laman theasianparent.com, berikut beberapa tips untuk merawat bayi baru lahir agar terhindar dari penularan penyakit. Berikut juga merupakan tips agar bayi tumbuh dan berkembang dengan lebih sehat. 

Lakukan Skin to Skin

Skin to skin atau kontak kulit antara Mom dan bayi bisa membuat bayi tetap hangat dan terjaga. Skin to skin memungkinkan bayi memiliki suhu tubuh normal di segala cuaca termasuk cuaca dingin musim hujan. Menurut IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), skin to skin juga akan memudahkan bayi mencari puting Mom saat kali pertama menyusu

Menyusui Sesegera Mungkin

Bayi baru lahir membutuhkan ASI (Air Susu Ibu) yang lebih banyak dan sering. Pastikan untuk sesegera mungkin menyusui bayi setidaknya paling lama setiap dua jam sekali. Pemberian ASI adalah nutrisi terbaik untuk buah hati baru lahir hingga usianya 6 bulan.

Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Pastikan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan dengan baik saat memiliki bayi baru lahir. Pastikan untuk selalu cuci tangan sebelum menyentuh bayi. Pastikan juga untuk membersihkan tempat tidur bayi dan lingkungan rumah secara keseluruhan.

Jangan Biarkan Semua Orang Mencium Bayimu

Usahakan agar jangan membiarkan semua orang mencium bayimu. Meski setiap orang pada dasarnya juga menjaga kebersihan diri sebelum menyentuh bayi, Mom harus lebih bijak untuk melindungi bayi baru lahir dari orang lain. Ini mengingat bayi masih sangat rentan terhadap berbagai bahaya di sekitarnya termasuk kemungkinan tertular penyakit atau terinfeksi virus yang dibawa orang lain. Hindarkan juga bayi dari orang sekitar yang sedang sakit. 

Tidur Cukup Setiap Harinya

Pastikan jika bayi memiliki waktu tidur cukup setiap harinya. Usahakan agar bayi tidur di tempat tidur yang nyaman dan tenang. Kualitas tidur yang baik akan membuat bayi lebih sehat dan mendapat tumbuh kembang yang lebih baik. 

Mandikan Bayi dengan Benar

Usahakan untuk memandikan bayi dengan benar. Jika Mom masih takut untuk memandikan bayi baru lahir, Mom bisa meminta jasa bidan atau ahlinya untuk memandikan bayi sampai pusarnya terbentuk dengan sempurna. Usahakan juga untuk sesegera mungkin mengganti popok bayi setelah ia buang air kecil pun buang air besar.

Beri Bayi Pakaian yang Nyaman

Pastikan untuk memberi bayi pakaian yang nyaman. Saat cuaca gerah atau panas, beri bayi pakaian yang dingin dan tidak panas. Sebaliknya, saat cuaca dingin, berikan bayi pakaian yang hangat dan nyaman untuknya. Pakaian sangat berperan penting dalam menjaga kenyaman serta kesehatan bayi. 

Itulah sekian tips merawat bayi baru lahir agar senantiasa sehat dan terhindar dari penyakit. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading