Sukses

Parenting

Orang Tua Sering Memarahi Anak Saat Belajar, Kenali Dampak Negatifnya

Fimela.com, Jakarta Seiring dengan bertambahnya usia anak, tidak jarang ia menjadi lebih sulit untuk dinasehati. Anak yang sudah masuk usia sekolah juga rentan menolak jika disuruh belajar. Tidak sedikit anak yang sangat malas untuk belajar karena baginya, belajar adalah aktivitas yang cukup membuat pusing. Bagi beberapa anak, belajar adalah aktivitas yang sangat dibencinya. 

Saat mendapati anak malas belajar, setiap orang tua pasti akan merasa sedih, jengkel dan kecewa ke anak. Apalagi karena anak malas belajar ini, anak jauh tertinggal dari kawan-kawannya di sekolah. Anak pun dinilai kurang pintar dan kurang membanggakan. Tidak jarang orang tua akhirnya memarahi anak, bahkan saat anak sedang belajar. Padahal nih Mom, memarahi anak saat ia belajar bisa berdampak buruk buat tumbuh kembangnya ke depan. 

Mengutip dari laman parents.com, ada beberapa dampak negatif yang dialami anak saat ia sering dimarahi ketika belajar. Apa saja?

Anak Penakut dan Kinerja Otak Menurun

Dampak negatif pertama ketika anak dimarahi saat belajar adalah anak menjadi penakut. Anak pun rentan mengalami penurunan kinerja otak sehingga membuatnya makin sulit menerima pelajaran atau informasi. Saat anak dimarahi atau dibentak, hormon kortisol yang diproduksi meningkat. Padahal hormon ini bisa merusak sel neuron di otak.

Anak Rentan Stres hingga Depresi

Anak yang sering dimarahi saat belajar juga rentan stres atau depresi. Meski pada awalnya anak menjadi lebih patuh dan penurut, anak yang sering dimarahi rentan stres, tertekan hingga depresi. Ini yang kemudian membuat tumbuh kembang anak jadi lebih buruk ke depannya. Penelitian menemukan jika anak yang sering dimarahi akan memiliki kesehatan mental yang cukup terganggu ke depannya. 

Hubungan Anak dan Orang Tua Jadi Lebih Buruk

Dampak negatif selanjutnya adalah hubungan anak dengan orang tua rentan jadi buruk. Anak yang sering dimarahi merasa kurang mendapat kasih sayang. Anak ini juga merasa bahwa kehadirannya tak begitu dibutuhkan oleh orang tuanya. Anak pun akan merasa takut dan kehilangan kepercayaan kepada orang tuanya sendiri. Perasaan ini bahkan akan terus menghantui anak hingga ia dewasa kelak.

Anak Rentan Menjadi Orang Pemarah dan Keras Kepala

Anak yang sering dimarahi rentan menjadi orang yang pemarah dan keras kepala. Anak yang sering dimarahi, dibentak dan dirawat dengan keras, akan tumbuh serta berkembang menjadi pribadi yang keras pula. Usia anak-anak adalah usia di mana ia akan mencontoh segala yang dilakukan orang tua termasuk sikap pemarah orang tua. 

Itulah beberapa dampak negatif sering memarahi anak saat belajar maupun saat-saat lain setiap harinya. Yuk Mom, rawat buah hati dengan lebih sabar, bijak dan penuh kasih sayang untuk membentuk pribadinya yang juga penyayang. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading