Sukses

Parenting

4 Penyebab Paling Umum Kenapa Anak Terlambat Berjalan

Fimela.com, Jakarta Setiap anak memiliki tumbuh kembang masing-masing. Ada anak yang pertumbuhan dan perkembangannya sangat cepat. Tapi tidak sedikit anak yang pertumbuhan dan perkembangannya lebih lambat dibandingkan dengan anak-anak lainnya. Salah satu keterlambatan perkembangan yang sering ditemui pada anak-anak adalah keterlambatan bicara dan berjalan. 

Anak umumnya bisa berjalan sendiri tanpa bantuan saat usianya mencapai 14 hingga 18 bulan. Beberapa anak bisa saja berjalan lebih cepat pada usia kurang dari 14 bulan bahkan kurang dari 1 tahun. Sementara anak lainnya, bisa berjalan sendiri saat usianya lebih dari 18 bulan. Anak yang belum berjalan saat usianya lebih dari 18 bulan, ia bisa dibilang mengalami kertelambatan berjalan. 

Ada beberapa penyebab kenapa anak terlambat berjalan. Mengutip dari laman parents.com, berikut beberapa penyebab umum kenapa anak terlambat berjalan.

Sistem Motorik yang Belum Matang

Penyebab pertama dan paling umum adalah belum matangnya sistem motorik anak. Karena sistem motorik anak yang belum matang, ia bisa mengalami keterlambatan di satu perkembangan atau lebih. Anak-anak mungkin masih fokus pada perkembangan lain seperti berbicara, mendengar atau sejenis sehingga ia melewati perkembangan berjalannya.

Faktor Eksternal

Faktor eksternal di sini bisa saja berupa anak pernah terjatuh sehingga saraf tertentu mengalami kerusakan, Mom pernah sakit dalam waktu cukup lama saat hamil, penggunaan obat-obatan tertentu hingga malnutrisi. Beberapa faktor ini bisa berpengaruh pada perkembangan anak terutama perkembangan untuk berjalan. 

Kelainan Tertentu

Anak yang berisiko terhadap kelainan tertentu juga memungkinkan mengalami keterlambatan berjalan. Contoh kelainan pada anak yang menyebabkannya terlambat berjalan adalah down syndrome dan cerebral palsy.

Sikap Anak

Beberapa anak bisa saja memiliki sikap yang cukup unik. Sikap ini kemudian membuatnya malas untuk berjalan meski pada dasarnya ia sudah bisa melakukannya. Ada beberapa anak yang lebih suka merangkak atau sekedar santai rebahan dibandingkan aktif bergerak atau berjalan. 

Itulah beberapa penyebab kenapa anak mengalami keterlambatan berjalan. Untuk mengetahui lebih pasti penyebab kenapa anak terlambat  berjalan, jangan ragu untuk mengonsultasikan hal ini dengan dokter atau ahlinya. Ketahui juga kapan anak dikatakan mengalami terlambat berjalan. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading