Sukses

Parenting

Mengenal Gangguan Makan Pada Anak yang Penting Orang Tua Ketahui

Fimela.com, Jakarta Gangguan makan merupakan hal yang sering menimpa anak-anak. Padahal, usia anak-anak adalah usia terpenting di mana anak sebaiknya mendapat asupan nutrisi dan gizi yang seimbang. Ketika anak yang mendapat asupan nutrisi cukup, diharapkan ini bisa mengoptimalkan pertumbuhannya. Diharapkan ini juga bisa membantu meningkatkan perkembangan anak. 

Sayangnya, anak-anak kerap mengalami gangguan makan yang bisa menghambat penyerapan nutrisi pada tubuhnya. Mengutip dari laman parents.com, ada beberapa jenis gangguan makan pada anak yang penting diketahui oleh orang tua. Tak hanya perlu diketahui, sebaiknya ini juga diatasi dengan tepat oleh orang tua. Apa saja gangguan makan tersebut?

Anoreksia

Ini merupakan gangguan makan yang umum terjadi pada anak dan remaja bahkan orang dewasa. Anak dengan anoreksia umumnya menjauhi makanan. Beberapa anak dengan anoreksia juga berusaha menurunkan berat badan dengan melakukan olahraga ekstrem, konsumsi obat penurun berat badan dan melakukan segala cara untuk menurunkan berat badannya. Anak yang mengalami anoreksia umumnya sangat takut gemuk dan menganggap dirinya terlalu gemuk padahal ia sudah sangat kurus.

Bulimia

Ini merupakan gangguan makan yang membuat anak berusaha mengeluarkan atau memuntahkan makanan yang telah ia makan. Tidak sedikit kasus di mana anak terutama yang berusia remaja, mencoba mengeluarkan makanan yang ia makan karena takut gemuk. Mereka yang menderita gangguan makan ini bisa juga mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak lalu memuntahkannya, mengonsumsi sedikit makanan atau tidak makan sama sekali. Tidak sama dengan anoreksia yang menolak makan, penderita bulimia justru makan seperti biasa tapi ia sering memuntahkannya. Itu juga sering dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

Binge Eating

Gangguan makan tidak hanya berupa masalah anak tak mau makan saja. Ada pula gangguan makan di mana anak makan dengan jumlah sangat banyak. Pada gangguan makan binge eating, anak cenderung makan banyak karena tidak bisa mengontrol diri saat makan. Karena hal ini, ia rentan memiliki berat badan berlebih. Anak penderita binge eating bisa saja makan tanpa harus merasa lapar terlebih dahulu. 

Itulah beberapa gangguan makan yang sering terjadi pada anak terutama anak yang berusia remaja. Ketika Mom mendapati hal ini pada anak, sebaiknya tetap beri dukungan penuh sambil terus menasehatinya, jangan segan untuk mengajak anak konsultasi ke dokter terkait hal ini dan ajak anak untuk mengontrol pikiran secara lebih baik lagi. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading