Sukses

Parenting

5 Cara Mempersiapkan Diri Menjadi Orangtua yang Baik

Fimela.com, Jakarta Saat baru memiliki anak dan menjalani peran baru sebagai orangtua, kita mungkin akan dihadapkan pada berbagai situasi yang membuat kita kewalahan. Mengasuh dan mendidik anak jelas menjadi pengalaman baru. Kita pun ingin memastikan semuanya berjalan baik untuk anak kita.

Untuk menjadi orangtua yang baik, ada banyak hal yang perlu dilakukan. Bagi yang saat ini baru memiliki anak dan baru pertama kali menjadi orangtua, ada sejumlah hal yang perlu disiapkan untuk bisa menjadi orangtua yang baik. Berikut ini lima cara yang bisa dicoba seperti yang dirangkum dari buku Montessori Toddler tentang menjadi orang dewasa dan orangtua yang baik.

1. Lakukan Perawatan Diri

Ini bukan tindakan egois yang hanya mementingkan diri sendiri. Merawat diri sendiri sangatlah penting sebab agar bisa merawat keluarga, kita perlu merawat diri sendiri sebaik mungkin. Mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga, dan istirahat yang cukup tetap perlu diupayakan sebagai bagian dari usaha menjadi orangtua yang baik.

2. Mengembangkan Pola Pikir Pembelajar

Menjadi orangtua juga perlu membuka diri untuk terus belajar hal baru. Mulai dari memelajari perkembangan anak, hal-hal yang berbeda dari anak, mengeksplorasi material yang bisa bantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak, hingga belajar mengikuti intuisi. Banyak hal yang perlu dipelajari saat menjadi orangtua dan penting untuk membuka diri terhadap hal-hal baru tersebut agar tidak gampang merasa stres atau tertekan dalam menjalani peran sebagai orangtua.

3. Berlatih untuk Hadir

Pada kenyataannya, susah untuk hadir saat kita berusaha menjadi segala hal bagi semua orang dan ditaraik ke segala arah sebagai orang dewasa yang memiliki banyak komitmen. Di sini, kita perlu berlatih untuk hadir yang bisa dimulai dengan berfokus melakukan satu tugas pad asatu waktu, menggunakan buku catatan, membatasi penggunaan teknologi, hingga menenangkan pikiran.

4. Mengisi Bejana Emosi Kita dan Anak Kita

Bejana emosi kita penuh ketika kita merasa aman, terlindungi, dicintai, dan diterima. Bejana ini perlu diisi ulang terus menerus. Kita bisa mengawalinya dengan mengisi bejana kita lebih dulu dengan melakukan hal-hal yang bisa membuat kita senang dan bahagia. Lalu, mengisi bejana emosi anak dengan menjalin kedekatan dan membuatnya merasa dimiliki, penting, dan diterima.

5. Mensyukuri Pencapaian Saat Ini

Kita sering lupauntuk mengatakan kepada diri sendiri bahwa kita sudah cukup dan sudah melakukan yang terbaik. Untuk menjadi orangtua yang baik, perlu juga mensyukuri semua yang sudah dimiliki saat ini. Mengingat tekanan dan tuntutan hidup akan terus bertambah, sebelum merasa makin terbebani dengan itu semua, luangkan sedikit waktu untuk mensyukuri semua hal yang sudah bisa dilakukan dengan baik saat ini. Hati yang penuh syukur bisa menjadi penguat yang membuat kita bisa bertahan menghadapi dan melewati masa-masa sulit.

Lima hal di atas bisa menjadi strategi awal yang diikuti untuk menjadi orangtua yang baik. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading