Sukses

Parenting

5 Hal yang Terjadi saat Mendekati Hari Perkiraan Lahir

Fimela.com, Jakarta Kehamilan menjadi momen dan pengalaman yang berkesan bagi perempuan. Apalagi ketika sudah mendekati hari perkiraan lahir, perasaan tak sabar menyambut hadirnya buah hati tercinta bisa makin membuncah. Saat mendekati hari perkiraan lahir, ada sejumlah perubahan yang cukup signifikan terjadi pada bayi dalam kandungan.

Mengutip buku Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat, hanya 20% bayi yang dilahirkan tepat pada hari perkiraan lahir, sisanya ada yang maju atau malah mundur. Dikatakan lahir normal bila persalinan terjadi di antara 3 minggu sebelum HPL sampai dengan 1 minggu setelah HPL. Berikut ini lima hal yang biasanya terjadi saat mendekati HPL. Simak uraiannya di bawah ini.

1. Kepala Bayi Masuk Panggul

Mendekati HPL, kepala bayi umumnya sudah masuk panggul. Namun, tak perlu khawatir jika di akhir kehamilan kepala bayi belum masuk panggul. Sebab ada yang kepalanya baru masuk panggul saat dimulainya persalinan. Asalkan tidak ada disproporsi kepala panggul, kesempatan persalinan normal masih cukup besar.

2. Berat Badan Bayi Bertambah

Saat usia kehamilan menginjak 37 pekan, berat badan minimal bayi adalah 2.500 gram. Berat badan bayi lahir normal adalah 2.500 gram sampai 4.000 gram. Makin melewati hari perkiraan lahir, berat badan bayi bisa makin bertambah.

3. Air Ketuban Berkurang

Makin tua usia kehamilan, makin berkurang air ketuban. Selain itu, air ketuban juga makin kental. Kalau bayi lahir sudah lewat jauh dari HPL, bayi berisiko mengalami aspirasi air ketuban saat persalinan kaerena air ketuban yang sudah telralu kental.

4. Plasenta Mengalami Pengapuran

Pengapuran merupakan salah satu tanda menuanya plasenta. Umumnya dapat dilihat melalui pemeriksaan USG. Makin mendekati hari kelahiran, pasenta akan mengalami pengapuran. Pengapuran ini terjadi karena adanya timbunan kalsium akibat pecahnya pembuluh darah kecil plasenta.

5. Leher Rahim Mulai Melunak

Makin mendekati HPL, leher rahim akan makin melunak. Cairan dan lender vagina akan semakin banyak. Selain itu, leher rahim akan sedikit demi sedikit mengalami pembukaan. Pembukaan leher rahim inilah yang dipakai sebagai penilai proses kemajuan persalinan.

Lima hal di atas merupakan hal-hal umum yang biasanya terjadi saat mendekati hari perkiraan lahir. Semoga bisa menjadi info yang bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading