Sukses

Parenting

5 Manfaat Melibatkan Anak Melakukan Pekerjaan Sehari-hari di Rumah

Fimela.com, Jakarta Sejak kecil, anak-anak bisa dilibatkan untuk melaukan pekerjaan sehari-hari di rumah. Aktivitas seperti menyapu dan bersih-bersih ternyata bisa bantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Mengajak anak untuk melaukan pekerjaan harian atau pekerjaan rumah tangga bukan berarti makin membebani atau menyulitkannya.

Mengutip buku Montessori Toddler, di samping kesenangan sederhana yang anak-anak kecil dapatkan dari aktivitas pekerjaan sehari-hari ini, kegiatan tersebut mempunyai lebih dari satu keuntungan. Berikut ini lima dari banyak manfaat lain yang bisa didapatkan anak saat ikut dilibatkan dalam aktivitas pekerjaan sehari-hari di rumah.

1. Anak Belajar Bertanggung Jawab

Merapikan mainan sendiri setelah selesai bermain. Merapikan tempat tidur setelah bangun tidur. Hingga mencuci piring bekas makan sendiri. Aktivitas sederhana itu bisa membuat anak jadi pribadi yang lebih bertanggung jawab. Anak pun bisa makin paham pentingnya mengerjakan sesuatu yang tidak merepotkan orang lain.

2. Anak Bisa Lebih Mudah Berkonsentrasi

Kemampuan berkonsentrasi umumnya sangat diperlukan saat belajar atau menerima informasi baru. Keterampilan menyapu atau bersih-bersih yang butuh pengulangan bisa membangun konsentrasi anak. Menata barang dan melakukan aktivitas yang melibatkan urutan juga bisa meningkatkan daya konsentrasi anak. Melibatkan anak melakukan pekerjaan sehari-hari di rumah bisa jadi media untuk meningkatkan daya konsentrasinya jadi lebih baik lagi.

3. Anak Memiliki Keterampilan Motorik yang Lebih Baik

Aktivitas menuang air tanpa tumpah atau menggunakan spons merupakan sebagian dari aktivitas pekerjaan rumah yang bisa mengasah keterampilan motorik halus dan motorik kasar anak. Kegiatan yang melibatkan banyak gerakan seperti bersih-bersih atau merapikan sesuatu sangat bagus untuk mengasah keterampilan motorik anak.

4. Anak Bisa Makin Percaya Diri

Melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari bisa membuat anak belajar keterampilan baru. Ketika menguasai keterampilan baru, rasa percaya diri anak bisa makin meningkat. Kalau anak sering tampak minder atau kurang percaya diri, kita bisa coba melibatkannya lagi lebih aktif untuk melakukan sejumlah pekerjaan rumah yang ringan.

5. Anak Bisa Makin Merasa Bahagia

Ada kedekatan yang bisa dibangun ketika melakukan suatu pekerjaan rumah bersama. Kegiatan membereskan mainan bersama misalnya bisa membangun kedekatan antara anak dan orangtua. Ada rasa bahagia yang hadir dalam kedekatan itu, dan anak bisa merasa lebih nyaman di rumah.

Saat melibatkan anak melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari di rumah, tetap utamakan keamanan dan kenyamanan anak juga, ya. Hadirkan juga suasana yang gembira agar anak tak merasa makin tertekan.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading