Sukses

Parenting

5 Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung Pada Anak di Rumah

Fimela.com, Jakarta Saat mendapati buah hati tidak nyaman atau sakit, setiap orang tua pasti merasa panik. Meski panik, usahakan untuk tetap tenang ya Mom. Hindari terlalu panik ketika mendapati si kecil kurang enak badan karena demam, pilek atau pun perut kembung. Karena semakin panik Mom, akan semakin buruk penanganan yang diberikan ke anak. Jadi sebaiknya tetap tenang agar Mom lebih bijak dan baik, dalam mengatasi masalah kesehatan yang dialami anak. 

Mengenai masalah kesehatan anak, salah satu masalah yang kerap terjadi adalah perut kembung. Mengutip dari laman healthline.com, ini merupakan kondisi yang bisa dialami anak bayi hingga anak-anak yang berinjak remaja. Perut kembung pada anak akibat gas atau udara yang terlalu menumpuk di sistem pencernaan anak. Penyebabnya pun ada beragam mulai dari cuaca, makanan atau sistem pencernaan anak yang terganggu. 

Lantas, bagaimana cara mengatasi perut kembung anak? Simak yang berikut ini dan lakukan cara ini di rumah ya Mom.

1. Jaga Anak Tetap Terhidrasi

Cara pertama yakni jaga anak tetap terhidrasi. Jika anak hanya konsumsi ASI, pastikan untuk mengASIhi lebih sering. Cukupi kebutuhan cairan anak. Untuk anak dengan usia di atas 2 tahun, Mom bisa memberinya teh hangat tanpa gula atau susu formula hangat. Mom juga bisa memberinya teh jahe hangat dengan sedikit madu. Minuman hangat bermanfaat membuat sistem pencernaan anak terasa lebih nyaman. 

2. Gunakan Kompres Hangat

Kompres perut anak dengan handuk hangat. Ini membantu meredakan kembung yang dialami anak. Cara ini juga bisa melenturkan otot perut dan tubuh anak.

3. Oleskan Minyak

Oleskan minyak telon atau minyak kayu putih ke perut anak yang kembung. Mom juga bisa mengoleskannya di punggung atau pinggang anak. Bila perlu, campur dengan irisan bawang merah. Ramuan sederhana ini bisa meringankan perut kembung dan ketidaknyamanan di tubuh anak. Mom bahkan bisa memanfaatkan minyak dengan irisan bawang merah untuk meredakan gejala flu dan demam anak. 

4. Beri Anak Makanan Probiotik

Perut kembung anak juga bisa diatasi dengan memberinya makanan probiotik. Makanan probiotik sangat baik untuk sistem pencernaan anak. Adapun makanan probotik antara lain yogurt, tahu, tempe dan keju.

5. Pijat Anak

Cara selanjutnya adalah pijat tubuh anak dan area perut. Namun ingat, saat memijat area perut harus dilakukan dengan hati-hati dan lembut. Pijat ini sebaiknya juga dilakukan oleh ahlinya demi menghindari dampak atau risiko buruk akibat salah pijat.

Itulah sekian cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut kembung anak. Jika perut kembung disertai dengan gejala lain yang cukup mencemaskan, jangan segan untuk memeriksakan kondisi anak ke dokter atau bidan ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat dan yuk, jadi Mom yang semakin bijak dalam merawat dan memberikan yang terbaik untuk anak. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading