Sukses

Parenting

5 Cara Meningkatkan Sistem Imun Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah

Fimela.com, Jakarta Dibandingkan orang dewasa, anak-anak lebih rentan terhadap beberapa penyakit di sekitarnya. Daya tahan tubuh anak rentan menurun saat perubahan cuaca, saat nutrisi tubuhnya tidak terpenuhi dengan baik dan saat ia kurang istirahat. Ketika daya tahan tubuh atau sistem imun anak turun, ini akan mempermudah berbagai penyakit menyerang anak. Jadi, penting bagi orang tua untuk meningkatkan sistem imun anak di rumah. 

Mengutip dari laman parents.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem imun anak. Apa saja cara tersebut? Simak yang berikut ini. 

Cukupi Kebutuhan Nutrisinya

Cara pertama adalah cukupi kebutuhan nutrisinya. Pastikan untuk memberikan makanan dan minuman sehat untuk anak. Seiring dengan bertambahnya usia anak, pastikan jika anak makan dan minum dengan porsi tepat. Berikan ASI, susu formula, buah, sayur, ikan dan sumber karbohidrat untuk anak dengan takaran seimbang setiap harinya. Nutrisi yang cukup membantu sistem imun anak meningkat. Ini juga menunjang tumbuh kembang anak jadi lebih baik. 

Pastikan Anak Memiliki Istirahat Cukup

Tips meningkatkan sistem anak selanjutnya adalah pastikan anak memiliki istirahat cukup. Bayi memerlukan waktu tidur hingga 18 jam setiap harinya. Saat usia bayi sudah di atas 1 tahun, ia membutuhkan waktu tidur 12 sampai 13 jam setiap harinya. Sementara untuk anak prasekolah, ia membutuhkan waktu tidur sebanyak 10 jam setiap harinya.

Jaga Kebersihan Diri, Makanan dan Lingkungan

Imun anak akan meningkat ketika ia menjaga kebersihan diri, makanan dan lingkungannya. Orang tua penting memastikan bahwa diri anak, makanan dan lingkungannya bersih. Ajari anak menjaga kebersihan sejak usianya sedini mungkin. Biasakan anak untuk mencuci tangan setiap kali hendak makan.

Jauhkan Anak dari Polusi

Pastikan untuk menjauhkan anak dari polusi di sekitarnya. Baik polusi akibat kendaraan atau rokok memberi efek buruk buat kesehatan anak. Usahakan untuk menjauhkan anak dari polusi ini.

Ajak Anak Rutin Memeriksakan Kesehatannya

Memeriksakan kondisi kesehatan tidak hanya saat anak sakit. Tapi saat sehat pun penting bagi orang tua untuk mengajak anak memeriksakan kesehatannya. Hal ini dilakukan demi mendeteksi lebih dini penyakit yang diderita anak tapi tidak bergejala. 

Yuk Mom, tingkatkan sistem imun anak di rumah agar ia tak gampang sakit. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading