7 Makanan yang Baik Dikonsumsi Ibu Menyusui agar ASI Lancar

Endah Wijayanti27 Nov 2022, 16:15 WIB
Diperbarui 27 Nov 2022, 16:15 WIB
bayi perempuan

Fimela.com, Jakarta Memastikan si kecil mendapat ASI yang cukup sangatlah penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, ibu juga perlu lebih memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Menjaga pola makan yang sehat dan seimbang sangatlah penting bagi ibu menyusui.

Ada jenis makanan tertentu yang sangat baik dikonsumsi ibu menyusui. Mengutip buku Parenting tanpa Galau, ada tujuh jenis makanan yang bagus dikonsumsi bagi ibu menyusui. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Telur

Ibu menyusui sangat dianjurkan mengonsumsi makanan kaya protein. Telur merupakan salah satu sumber makanan kaya protein yang mudah didapatkan. Selain itu, telur bisa dimasak dan dikreasikan menjadi berbagai macam sajian sehingga tidak akan membuat ibu bosan mengonsumsinya.

2. Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak juga baik dikonsumsi ibu menyusui. Dalam susu rendah lemak, ada kandungan protein, vitamin B, dan vitamin D yang bagus. Selain itu kandungan kalsiumnya juga bagus untuk dikonsumsi ibu menyusui.

3. Sayuran Hijau

Ibu menyusui juga perlu rajin mengonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau yang tinggi kandungan vitamin serta mineral sanagt baik dikonsumsi ibu menyusui. Selain itu, sayuran hijau mengandung kalsium, serat, dan antioksidan yang bagus juga.

4. Buah Blueberry

Salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi ibu menyusui adalah buah blueberry. Kenapa? Karena buah ini kaya akan antioksidan, viamin, mineral, dan karbohidrat. Mengonsumsi buah ini bisa membantu menjaga energi tubuh ibu menyusui dengan baik.

5. Ikan Salmon

Ikan Salmon Mentah
Ilustrasi./(unsplash.com/CA Creative).

Jenis ikan berlemak yang mengandung DHA sangat baik dikonsumsi ibu menyusui. Salah satunya adalah ikan salmon. Ibu yang mengonsumsi ikan dengan kandungan DHA tinggi bisa menunjang perkembangan sistem saraf bayi jadi lebih baik lagi.

6. Kacang-kacangan

Untuk pilihan camilan, ibu menyusui bisa memilih kacang-kacangan. Kacang-kacangan yang kaya akan zat besi sangat baik dikonsumsi ibu menyusui. Selain itu, kandungannya yang kaya protein nabati berkualitas juga bisa menunjang pola makan sehat ibu menyusui.

7. Daging tanpa Lemak

Bagi ibu menyusui yang sering merasa lemas atau kehilangan energi, bisa mengonsumsi daging tanpa lemak untuk meningkatkan energi tubuh. Daging tanpa lemak mengandung zat besi, protein, dan vitamin B12 yang baik untuk ibu menyusui.

Ada baiknya juga berkonsultasi ke dokter untuk memastikan pola makan yang sehat dan seimbang selama masa menyusui. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela